Program Pengabdian PKM Dosen Unisan Laksanakan FGD dan Pendampingan di desa Mitra

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM. GORONTALO – Tim PKM Dosen Unisan lakukan Fokus Grup Diskusi dan Monitoring serta pendampingan tentang penyampaian strategi pemerintah daerah dalam penyampaian informasi publik kepada masyarakat di desa Bongohulawa kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Senin, (16/8/2021).

Peran serta pemerintah daerah sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Kemudahan informasi yang disampaikan oleh pemerintah daerah hingga ke masyarakat pelosok dan di masa pandemi Covid-19 dampaknya sangat dirasakan, termasuk di Gorontalo.

Kurangnya informasi yang diterima masyarakat terkait dengan apa yang menjadi maksud dan tujuan dari kebijakan tersebut. Dalam kondisi seperti ini. Pemda kecamatan dan desa terjung langsung ke masyarakat melakukan komunikasi tentang situasi apa yang terjadi ditingkat bawah.

Kepala desa Bongohulawa Muchtar Suprin, SH mengatakan bahwa pemerintah harus mampu memfasilitasi dalam hal menyampaikan informasi kepada publik tentang stratei apa yang kita lakukan dengan situasi sekarang. Disisi lain masyarakat biasa bingung tentang kebijakan-kebijakan yang terus berubah-berubah. Apalagi bila berhadapan dengan masyarakat desa yang tingkat pendidikannya rendah, sehingga membutuhkan berbagai strategi agar masyarakat paham tentang kebijakan tersebut.

Saat itu juga dikantornya Camat Bongomeme Moh. T. Ase, SH.,MH.,M.Kes menyampaikan bahwa Kecamatan Bongomeme, Kabupaten Gorontalo terkait dengan Informasi yang disampaikan yang diterima oleh masyarakat memang akan mempengaruhi persepsi itu sendiri. Jadi salah satu Instansi yang berpengaruh dalam menyampaikan infromasi adalah Humas pemerintah Kabupaten Gorontalo sebagai perpanjangan Pemerintah Daerah dalam mengoptimalkan penyampaian informasi publik kepada masyarakat. Pemerintah berusaha membangun citra yang baik ke masyarakat di Gorontalo pada umumnya.

“pemerintah harus menjalin kerjasama dengan media massa agar informasi optimal dalam menyampaikan informasi ke masyarakat bawa hingga ke desa-desa. Nah disana ada Humas yang bisa berperan keseluruhan upaya yang dilangsungkan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayaknya”. Pungkasnya

Melihat permasalahan ini, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dosen Universitas Ichsan Gorontalo yang terdiri dari Ramansyah, S.Sos.,M.I.Kom (Dosen Prodi Ilmu Komunikasi) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik; Arifuddin, ST.,M.T (Dosen Prodi Arsitek) Fakultas Teknik dan Arjun Gumohung (Mahasiswa Ilmu Komunikasi) mencoba mengkomunikasikan dan memfasilitiasi melalui Program Pengabdian Masyarakat (PKM) yang alhamdulillah didanai oleh Lembaga Pengabdian Mahasiswa (LPM) Universitas Ichsan Gorontalo di Tahun 2021, ujar Ramansyah, selaku Ketua pada Tim PKM ini.

Oleh Tim PKM Unisan bahwa Program Pengabdian ini dilakukan yaitu agar dapat menemukan permasalahan dan kemudian menyuusun untuk menjadi rekomendasi kepada pemerintah kabupaten, kecamatan sampai ke desa dan masyarakat desa. Setelah memfasilitasi kepada pemerintah bersama masyarakat agar kedepan bisa lebih diprioritaskan kebutuhan dan harapan masyarakat tentang apa yang sebenarnya terjadi ditingkat bawa dan bagaimana masyarakat desa dapat mendapatkan informasi yang disampaikan pemerintah kepada mereka.” ungkap Ketua PKM Ramansyah.(*)

Pemkot Makassar SC
Pangkep SC