banner dprd mkassar

Ketua LP2M UNM Kembali Sabet Dosen Peneliti Terbaik 1

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Berbagai torehan prestasi yang telah diraih oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM), termasuk dosen peneliti terbaik 1.

Torehan tersebut berhasil didapatkan LP2M UNM setelah memamerkan hasil penelitian berdasarkan dari DRTPM Kemendibud Ristek selama 7 tahun berturut-turut.

Ialah Ketua LP2M UNM, Prof Bakhrani Rauf yang keluar sebagai dosen peneliti terbaik 1 UNM dalam rangkaian Dies Natalis ke-62.

Hasil penelitian itu terkait dengan Rancangan dan penerapan jamban keluarga pada masyarakat ekonomi lemah wilayah datar, pesisir, banjir serta wilayah ketinggian baik yang penghuni rumah panggung maupun rumah yang bukan model panggung.

“Alhamdulillah sudah 7 tahun berturut-turut lolos didanai penelitian multi tahun saya dari DRTPM Kemendikbud Ristek yaitu melakukan penelitian tentang jamban keluarga masyarakat ekonomi lemah pada wilayah dataran rendah, wilayah pesisir, dan wilayah dataran tinggi,” ujarnya.

Hasil penelitian itu juga, menurut Prof Bakhrani, di desain dengan rancangan jamban keluarga dalam 7 tahun tersebut bahkan sudah diaplikasikan pada masyarakat dan dapat bermanfaat langsung.

Bahkan, lanjut dia, sudah menghasilkan 27 hak cipta untuk jamban keluarga dan jurnal internasional bereputasi tentang jamban keluarga bagi masyarakat ekonomi lemah juga masyarakat menghuni rumah panggung apalagi kondisi lingkungan selalu tergenang air pasang.(*)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *