Sosialisasi Empat Pilar di Sidrap, RMS : Pemuda  Ujung Tombak Indonesia, Harus Menjadi Perekat Persatuan

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Salah satu karakteristik Indonesia sebagai negara-bangsa adalah kebesaran, keluasan dan kemajemukannya.Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan terdapat 1.128 suku bangsa dan bahasa, ragam agama dan budaya di sekitar 16.056 pulau.

Untuk itu perlu konsepsi, kemauan dan kemampuan yang kuat dan memadai untuk menopang kebesaran, keluasan dan kemajemukan keIndonesiaan.Konsepsi tersebut disebut sebagai Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara atau Empat Pilar Kebangsaan.

Empat pilar kebangsaan adalah tiang penyangga yang kokoh (soko guru) agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tenteram dan sejahtera serta terhindar dari berbagai macam gangguan dan bencana.

Sebanyak 300 warga kabupaten sidrap mengikuti sosialisasi Empat Pilar MPR RI yaitu Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara UUD Tahun 1945 Sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR NKRI Sebagai Bentuk Negara Dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara dibahas secara jelas dalam sosialisasi ini.

Anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem H.Rusdi masse Mappasessu menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika), dengan tema Meneguhkan nilai nialai 4 pilar kebangsaan sebagai jadi diri warga negara di villa RMS puncak Mario kecamatan kulo kabupaten sidrap Jumat (19/03/2020).

RMS mengatakan Pemuda merupakan ujung tombak Indonesia dan perwujudan nilai-nilai dari Pancasila yaitu Karang Taruna mampu menjalin toleransi dan menjadi perekat persatuan dalam keberagaman kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Silaturahmi sekaligus memberikan semangat dalam situasi pandemi Covid-19 agar terus melakukan pengabdian kepada masyarakat, walaupun dalam kekurangan dan halangan yang dihadapinya,” katanya.

Lebih lanjut RMS mengatakan, dalam kondisi adanya situasi pandemi Covid-19 ini banyak sekali masukan yang didapati dari Pemuda yang ada di Kabupaten Sidrap untuk dibawa kadalam rapat di DPR RI.(*)

Gerinra Sulawesi Selatan