banner dprd mkassar

Pesta Demokrasi Tiba, SD Islam Athirah 2 Gelar Debat Terbuka Kandidat Ketua OPDIS

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga menggelar debat terbuka sebagai rangkaian pesta demokrasi terkait Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Peserta Didik Intra Sekolah (OPDIS) masa bakti 2024-2025 di area Kantin Sekolah pada Senin (19/02/2024).

Debat terbuka ini dihadiri oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru/karyawan, orang tua kandidat paslon, peserta didik kelas 3-6 dan panelis.

Adapun tujuan dari debat terbuka ini adalah untuk mempertemukan gagasan para pasangan calon yang berupa visi, misi, dan program yang akan dilaksanakan ketika terpilih menjadi Ketua OPDIS serta sebagai penilaian warga SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga sebelum menentukan pilihannya.

Tiga kandidat pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua OPDIS SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga yakni, kandidat nomor urut satu Abhirama Akbar Subagio dan Nur Ichrawiyani Ainun, kandidat nomor urut dua Ahmad Yusuf Putra Nurif dan Naswa Patriaz, kandidat nomor urut tiga, Andi Muhammad Fathir Ataullah dan Muhammad Abiyan Rabbani.

Kepala SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga, H. Muhamad Azis, S.Pd., M.Pd. memotivasi seluruh siswa untuk fokus mengikuti kegiatan debat terbuka, khususnya kepada siswa kelas tiga dan empat yang nantinya akan melanjutkan kepengurusan OPDIS di SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga.

“Anak anakku sekalian, khususnya kelas tiga dan empat, ikuti dan lihat kakak Anda, insyaallah tahun depan kalian lagi yang akan seperti ini, tidak mudah seperti ini”, tegasnya.

Di akhir sambutannya, Azis mengucapkan terima kasih kepada ayah bunda dari paslon yang sempat hadir dan berharap insyaallah dari anak kita ini, bakal lahir pemimpin nasional.

Pembina OPDIS SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga, Muh. Fathi Zulfikar, S.Pd. dalam laporannya menyampaikan bahwa kandidat calon ketua dan wakil ketua OPDIS telah mengikuti tahapan seleksi, mulai dari penjaringan dari pelatihan dasar kepemimpinan, forum group discussion dan pemaparan visi-misi, hingga tahap debat terbuka.

“Ketiga calon ketua dan wakil ketua OPDIS telah diseleksi mulai dari awal, menurut saya ketiga atau ke-enam peserta ini sudah menjadi yang terbaik dari kurang lebih 80 siswa kelas lima SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga”, ujarnya.

Berdasarkan pengamatan, proses debat terbuka terlaksana dengan lancar, mulai dari pemaparan visi misi dan program, menjawab pertanyaan dari para panelis hingga sesi tanya jawab serta pemberian tanggapan antar paslon.

Salah satu panelis, yakni Ketua OSIS SMA Islam Athirah 2 Bukit Baruga, A. Nurul Abidah Zahra Amin mengungkapkan rasa bangga melihat adik-adiknya mampu mengikuti acara debat terbuka dengan rasa percaya diri tinggi.

“Dulu juga saya seperti itu, saya merasa bangga lihat mereka, karena mereka menjawab dengan jawabannya masing-masing. Dan untuk tingkat kepercayaan diri masing masing paslon itu sudah sangat bagus. Dan mereka berusaha bagaimana OPDIS SD Islam Athirah itu lebih berkembang lagi dari sebelumnya”, jelasnya Abidah yang pernah menjabat sebagai Ketua OPDIS saat bersekolah di SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga.

Sementara itu salah satu orang tua siswa kandidat, Dr. Muhammad Nur, M.Pd. sangat mengapresiasi pendidikan demokrasi yang diajarkan di sekolah ini.

“Saya melihat pendidikan demokrasi di SD Islam Athirah ini sangat bagus dan selaku orang tua berharap terus diadakan pembelajaran demokrasi seperti ini. Tentu dalam pemilihan ini ada yang menang dan ada yang kalah, sebenarnya bukan kalah tetap tertunda kemenangannya. Insyaallah ini akan menjadi pembelajaran yang berharga,” jelasnya.

Citizen Reporter: Ilham Mais, S.Pd., M.Pd., Gr.

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *