banner dprd mkassar

Guru SD Islam Athirah Racing Center Ikuti Penyuluhan Kesehatan Cegah Kanker

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Rabu, 20 September 2023 telah dilaksanakan Penyuluhan Kesehatan Cegah Kanker di SD Islam Athirah Racing Centre Makassar. Kegiatan penyuluhan ini diikuti oleh guru dan karyawan.

Kegiatan penyuluhan disampaikan oleh dua penyuluh yaitu Arianti, S.Kep dan Hardianti, Amd.Keb dari Yayasan Kesehatan Kanker Indonesia (YKKI).

Penyuluhan ini dilaksanakan sesuai dengan tujuan YKKI, salah satunya memberikan informasi kepada masyarakat sedini mungkin secara langsung tentang kanker.

Pada penyuluhan ini, kedua penyuluh menyampaikan materi tentang awal mula kanker, faktor pemicu kanker, jenis-jenis kanker, dan cara mencegah kanker baik dari dalam maupun luar tubuh.

Selain pengenalan kanker dan cara deteksi kanker pada tubuh, penyuluh juga menyampaikan pemicu kanker yang sangat sulit dihindari.

“Kami menekankan pada poin keempat pemicu kanker. Salah satu pemicu kanker yang sangat sulit untuk dihindari yaitu mengonsumsi makanan siap saji dan banyak mengandung pengawet. Karena, makanan yang mengandung pengawet sudah tersebar ke seluruh tempat sehingga akan sangat sulit dihentikan,” jelasnya.

Selain itu, penyuluh pertama menyampaikan bahwa kanker bisa menyerang semua kalangan usia.

“Kanker tidak hanya menyerang orang dewasa, tetapi bisa menyerang anak-anak, remaja, orang dewasa, baik perempuan maupun laki-laki,” tambahnya.

Untuk mencegah kanker, bisa melakukan dua cara. Salah satu cara yang disarankan oleh penyuluh yaitu, pencegahan dari dalam tubuh.

“Ada dua cara pencegahan kanker. Pencegahan dari dalam dan luar tubuh. Namun, kami lebih menyarankan pencegahan dari dalam tubuh yang praktis. Saya sarankan, bapak ibu memilih cara kedua, yaitu mengonsumsi tumbuhan alami,” ujarnya.

Tumbuhan yang disarankan yaitu daun sirsak dan temu putih. Namun, pengonsumsian daun sirsak tidak sangat disarankan. Karena, hal tersebut tidak baik untuk tubuh jika pengonsumsian dilakukan secara berlebihan.

Oleh karena itu, pencegahan dengan cara alami bisa dilakukan dengan mengonsumsi temu putih karena mampu menghambat pertumbuhan kanker 78-86%.

Menutup paparannya, penyuluh juga mengingatkan agar guru-guru dapat mencegah kanker dengan menerapkan cara-cara yang telah disampaikan.

“Silakan bapak ibu lakukan hal-hal pencegahan kanker, sesuai cara-cara yang telah dipaparkan tadi,” ucapnya.

====

Sekolah Islam Athirah merupakan salah satu sekolah Islam terbaik di Makassar.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website www.sekolahathirah.sch.id atau hubungi Center of Information Officer (CIO) di nomor 0823-1111-1700.

====

Tim Website SD Islam Athirah Racing Centre Makassar, Fitria.

Pemkot Makassar

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *