PJ Walikota Setuju Bentuk Korwil Pendidikan di Kecamatan

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES. COM, MAKASSAR  – Berdasarkan Permendagri Nomor 12 Tahun 2017 Tentang Pedoman Pembentukan dan Klasifikasi Cabang Dinas dan Unit Pelaksana Teknis Daerah serta Surat Edaran Kemendagri Nomor 061/10395/OTDA tanggal 4 Desember 2017 tentang Kelembagaan UPTD Pendidikan di Kecamatan, mendapat respon positif dari PJ Walikota Makassar.

PJ Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb menjelaskan pembentukan Koordinator Wilayah Pendidikan di Kecamatan perlu segera dibentuk selain menjalankan perintah peraturan perundang undangan, juga untuk mendukung pelaksanaan tugas dibidang pendidikan di Kecamatan,”Korwil Pendidikan harus segera dibentuk sebagaimana amanah dari Permendagri,” tegas Iqbal Suhaeb saat menerima audiensi beberapa Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan dirujab Walikota Makassar beberapa waktu lalu.

Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Mamajang, Abdul Samad, S.Pd, M.Pd menegaskan, pembentukan Korwil Pendidikan Kecamatan sudah dilaksanakan dihampir semua kabupaten/kota dalam wilayah Provinsi Sulsel, kecuali Kota Makassar. Padahal menurutnya, pembentukannya telah dimuat dalam Perwali Nomor 53 Tahun 2017 tertanggal 23 Desember 2017, dimana koordinator wilayah pendidikan dipimpin oleh seorang koordinator yang berasal dari pengawas sekolah yang berasal dari pengawas sekolah disamping tugasnya sebagai pejabat fungsional, atau dari pegawai ASN lainnya.

Koordinator dimaksud ditunjuk oleh dan bertanggung jawab kepada kepala dinas yang menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang pendidikan.”Untuk mendukung pelaksanaan tugas Korwil Pendidikan, dapat menggunakan sarana dan prasarana serta pegawai ASN yang sebelumnya digunakan UPTD Pendidikan Kecamatan,” tegas Abdul Samad.

Pemerhati Pemerintahan dan Pendidikan Kota Makassar, MS Andi Baso menegaskan, Korwil Pendidikan di Kecamatan harus segera dibentuk sesuai amanah peraturan perundang undangan yang mengaturnya karena dihampir seluruh kabupaten/kota sudah dibentuk dengan menempatkan pejabat Kepala UPTD Pendidikan di Kecamatan sebagai Korwilnya.”Korwil Pendidikan Kecamatan harus segera dibentuk dan guna efektivitas dan efisiensi, sebaiknya menunjuk para Kepala UPTD di Kecamatan sebagai Korwilnya,” tegas A Baso.

Andi Muhammad Fadli