Banjir Kepung Soppeng, Bupati Perintahkan ASN Persingkat Libur

SUARACELEBES.COM. SOPPENG – Dalam dua hari terakhir, hujan deras yang tiada henti sejak Sabtu (8/6) siang hingga Minggu (9/6) hari ini, memicu banjir besar di sebagian besar wilayah Kabupaten Soppeng.

Kekuatan air yang besar itu, memutus ruas utama Wajo menuju Soppeng dan Makassar. Dampak banjir terbesar terjadi di Kecamatan Lilirialau, Liliriaja dan Ganra. Ratusan rumah terendam dan memaksa ribuan warga harus dievakuasi.
Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak langsung turun ke lapangan sejak Sabtu malam. Kaswadi sampai harus begadang hingga Minggu subub menemani warga dan memantau ketinggian air.

Ia kemudian menginstruksikan semua ASN di Pemkab Soppeng terutama para pejabat eselon untuk mempersingkat libur lebarannya. “Saya meminta mereka semua berada di lapangan. Semua Kepala SKPD harus memantau dan mengusahakan bantuan kepada korban bencana. Liburan mereka dipersingkat sejak Sabtu kemarin,” katanya.

Untuk menangani bencana itu, Pemkab Soppeng mengerahkan semua kekuatan mitigasi bencanannya. “Kami menurunkan ratusan personel gabungan dan semua peralatan evakuasi yang kami miliki diturunkan,” kata Kepala Badan Bencana Soppeng, Andi Haeruddin.

Ia berharap, bantuan dari pihak luar dapat segera datang. “Kami sanggup menanganinya tetapi tentu akan lebih cepat jika kami dapat bantuan seperti perahu karet,” katanya.(*)