banner dprd mkassar

Resmikan IPAL Losari, Jokowi : Ramah Lingkungan dan Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Losari Makassar yang terletak di Jalan Metro Tanjung Bunga, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Kamis (22/2/2024) pagi.

Dalam peresmian itu, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono Menteri BUMN Erick Thohir, Anggota DPR RI Hamka B Kady, Andi Iwan Darmawan Aras, Muhammad Aras, Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin dan Wali Kota Makassar Danny Pomanto.

Turut hadi Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Zuhaelsi Zubir dan Dirut PDAM Kota Makassar Beni Iskandar.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan, sistem pengelolaan air limbah domestik berpusat di Losari ini sangat penting untuk mengelola air limbah cair agar ramah lingkungan dan meningkatkan kualitas air tanah dan air baku. Serta meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat kita.

Dalam sambutannya, Jokowi menyebut bahwa IPAL Losari terpusat ini sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat karena ramah lingkungan.

“Sistem pengelolaan air limbah domestik terpusat di Losari ini sangat penting untuk mengelola air limbah cair agar ramah lingkungan dan meningkatkan kualitas air tanah dan air baku serta meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat,” kata Jokowi, dalam sambutannya.

Jokowi mengatakan, selain mampu meningkatkan kualitas kesehatan bagi masyarakat, IPAL Losari ini juga dapat mengatasi masalah pencemaran lingkungan khususnya di Kota Makassar, Sulsel.

“Sistem pengeluaran air limbah ini kita butuhkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar memiliki perhatian dan kepedulian bersama-sama mengatasi masalah pencemaran lingkungan di Kota Makassar,” ucap dia.

Jokowi menyebut bahwa, IPAL Losari ini dibangun sejak tahun 2019-2023, dengan menelan anggaran mencapai Rp 1,2 triliun.

” APBN Rp 1,067 triliun dari ADB (Asian Development Bank) Rp 672 miliar dan dari APBD Rp 150 miliar, berkapasitas 16.000 kubik per hari dengan panjang jaringan perpipaan air limbah sepanjang 96 kilometer,” ungkapnya.

Jokowi mengungkapkan, IPAL Losari ini ditargetkan dapat melayani sebanyak 41.000 Kepala Keluarga.

“Saya berpesan agar dengan beroperasinya sistem pengeluaran limbah domestik terpusat ini penanganan air limbah semakin terintegrasi dan Kota Makassar semakin bersih kualitas lingkungan, kualitas air tanah, kualitas air bagus semakin baik dan masyarakat semakin sehat dan produktif,” kata dia.(*)

 

 

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *