banner dprd mkassar
Gowa  

Dorong Pengembangan Keterampilan Mahasiswa, Jurnalistik UIN Alauddin Gelar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, GOWA – Prodi Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin menyelenggarakan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dengan tema Membentuk Generasi yang Terampil, Cerdas dan Inovatif dalam Menulis Karya Ilmiah yang diselenggarakan di LT Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Kamis (22/06/2023).

Adanya seminar ini diselenggarakan dan diikuti oleh mahasiswa jurnalistik dengan tujuan untuk memperkenalkan atau lebih membuka wawasan mahasiswa mengenai karya tulis ilmiah sesuai dengan judul materi yang dipaparkan oleh pemateri.

Haidir Fitrah Siagian sebagai Ketua Panitia dan menghadirkan Iftitah Djafar (dosen FDK UINAM), Sri Hadijah Arnus (dosen Fak. Sospol Unhas), Hartina Sanusi (dosen FDK UINAM), dan Citra Rosalyn Anwar (dosen Fak. Sastra dan Bahasa UNM) sebagai pemateri memberikan pesan kepada mahasiswa bahwa seluruh mahasiswa mampu untuk mengikuti tahap dalam pembuatan karya tulis ilmiah dengan baik tanpa adanya copy paste.

Salah satu pemateri dibawakan oleh Iftitah Djafar dengan judul Format Penulisan KTI mengatakan bahwa dalam penulisan karya ilmiah membutuhkan format sesuai dengan persyaratan jurnal yaitu pendahuluan, maksud dari latar belakang, mengemukakan apa yang diteliti, perlu juga menyebutkan alasan dari pemilihan judul.

Dalam pelatihan ini, para peserta diperkenalkan kepada berbagai aspek penting dalam penulisan karya tulis ilmiah, termasuk pemilihan topik yang relevan, proses penelitian, pengumpulan dan analisis data, serta penyusunan laporan ilmiah yang baik dan terstruktur.

Salah seorang mahasiswa yang hadir dalam kegiatan tersebut Saskia mengatakan bahwa kegiatan ini dapat membantu kami dalam melakukan tugas akhir.

“kita bisa mendapat banyak pembelajaran dalam pelatihan ini yang dimana membantu kita tentang cara menulis karya ilmiah yang baik dan benar,” ucap Saskia Kamis, 22 Juni 2023.

Dengan berakhirnya pelatihan ini, diharapkan bahwa mahasiswa akan memiliki dasar yang kuat dalam penulisan karya tulis ilmiah dan dapat mengaplikasikan keterampilan ini dalam studi dan karier mereka di masa depan.

Adanya kegiatan ini juga dapat membantu mahasiswa Jurnalistik terutama pada mahasiswa semester enam yang akan menyusun skripsi dengan baik sesuai aturan yang ada didalam penulisan karya ilmiah serta diharapkan dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi para mahasiswa yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Nadya Dwiyanti Alty
Jurnalistik UIN Alauddin

Pemkot Makassar

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *