banner dprd mkassar

Berlangsung Selama Tiga Hari, Festival Danau Tempe Tahun 2023 Resmi Dibuka

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, WAJO – Gelaran Festival Danau Tempe (FDT) Kabupaten Wajo tahun 2023 resmi dibuka. Ajang yang masuk Event Kalender Pariwisata Nasional ini dibuka langsung oleh Bupati Wajo, Amran Mahmud di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Callaccu Sengkang, Senin (21/08/2023).

Pembukaan tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati didampingi Wakil Bupati, Forkopimda dan tamu kehormatan.

Amran Mahmud berharap even tahunan FDT ini menjadi magnet pariwisata untuk menarik wisatawan baik mancanegara maupun lokal.

“Semua ini dilakukan untuk menggiatkan ekonomi masyarakat sehingga bisa merasakan dampak dari even-event yang digelar di Bumi Lamaddukkelleng,” ucapnya.

Ketua DPD PAN Wajo ini menjelaskan bahwa rangkaian dari FDT ini digelar dibeberapa titik. Ada di RTH, ada di Rumah Adat Atakkae, ada di Sungai Padduppa, dan ada di Gelora Wisata Desa (GWD) Desa Nepo Kecamatan Tanasitolo.

Pada kesempatan tersebut juga, Orang Nomor Satu di Bumi Lamaddukkelleng ini mengharapkan kepada Badan Perfilman Indonesia untuk mengkaji berbagai potensi-potensi ekonomi yang ada di Wajo untuk diangkat yang nanti menjadi promosi daerah.

“Diantaranya ada Wisata Danau Tempe, Situs Tosora, Rumah Adat Atakkae dan berbagai wisata lainnya,” ucapnya.

Ketua ICMI Wajo ini juga menyebut bahwa untuk UMKM dan IKM khususnya di bidang persuteraan saat ini sudah mulai bangkit. Apalagi, dengan tagline “mengembalikan kejayaan sutera di Sulawesi Selatan”.

“Kita berharap, BPI juga bisa membantu mempromosikan produk sutera kita. Saat ini kita sudah bisa memproduksi benang sutera asli setelah 20 tahun lamanya,” jelasnya.

Amran Mahmud pun menyampaikan terima kepada seluruh panitia, serta seluruh pihak yang telah berkontribusi dengan dukungan Forkopimda sehingga kegiatan yang dilaksanakan tersebut bisa berjalan baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Kita juga berterima kasih kepada Bapak Menteri Parekraf RI beserta jajaran yang senantiasa memberikan bimbingan serta selalu mensinergikan kegiatan dengan Pemkab Wajo,” ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melalui Video Taping menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemkab Wajo atas upaya dan semangatnya yang terus mengembangkan sektor pariwisatanya.

Sandiaga Uno mengajak kepada seluruh masyarakat untuk dapat menghadiri Festival Danau Tempe (FDT) yang akan berlangsung dari tanggal 21 sampai dengan 23 Agustus dikawasan wisata pesisir Dana Tempe.

“Saya mengharapkan FDT ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat di Sulsel pada umumnya dan masyarakat Wajo pada khususnya,” ucap Menteri yang berasal dari Tosora Kabupaten Wajo yang pernah dikunjunginya beberapa waktu lalu.

“Semoga kegiatan ini bisa berjalan lancar dan sukses serta berkontribusi positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat sulsel serta terbukanya lapangan pekerjaan, khususnya di Kabupaten Wajo,” tambahnya.

Ketua Panitia Pelaksana, Dahniar Gaffar yang juga merupakan Kadis Porapar Kabupaten Wajo melaporkan berbagai rangkaian kegiatan. Mulai tadi pagi lomba olahraga masyarakat seperti terompah, layang-layang dan lainnya.

“Lalu, tadi sore pembukaan SILK CAMP di Kawasan Wisata Rumah Adat Atakkae dan seremoni pembukaan malam ini dilanjutkan dengan lomba menyanyi solo antar OPD dan Organisasi,” ucapnya.

Selain itu, besok malam ada pemilihan duta sutera. Kemudian, Rabu (23/8/2023) ada lomba perahu hias, perahu dayung, perahu dayung dan panjat pinang.

“Malamnya kita akan seremoni penutupan, dihibur artis Ibukota Zian eks Zigas serta artis lokal. Kita berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar,” harapnya.

Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Bupati, Amran, Ketua DPRD Kabupaten Wajo, Andi Muhammad Alauddin Palaguna bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Wajo, Anggota DPRD Kabupaten Wajo, Mewakili Deputi Produk Wisata dan Penyelenggara Event Kemenparekraf RI, Kurnia Agung Perdana, Kepala Badan Perfilman Indonesia Bersama, Gunawan Paggaru bersama jajaran.

Selain itu, ada Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, Kepala OPD, Camat, Ketua TP PKK ,Sitti Maryam bersama Wakil Ketua, Hj Munawarah serta Ketua Organisasi Wanita, Pimpinan BUMN/BUMD/Perbankan, sponsor serta undangan lainnya.

Pemkot Makassar

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *