banner dprd mkassar

Diikuti Ribuan Peserta, Apel Besar Hari Pramuka Kwarcab Wajo Sukses Digelar

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, WAJO – Apel Besar Hari Pramuka ke-62 Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Wajo berlangsung di Lapangan Merdeka, Kota Sengkang, Selasa (22/8/2023).

Apel Besar Hari Pramuka dipimpin langsung Bupati Wajo, Amran Mahmud selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) sekaligus Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Wajo.

Apel Besar ini dihadiri oleh jajaran Forkopimda selaku Wakil Mabicab Gerakan Pramuka Wajo, Anggota DPRD Kabupaten Wajo, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, Kepala OPD, Camat, Ketua TP PKK, Sitti Maryam, Para Pengurus Mabicab dan Kwarcab, Mabiran dan Kwarran, Mabisa serta undangan lainnya.

Apel Besar yang diikuti peserta dari Pramuka Pandega, Penegak, Penggalang, Siaga, Pra Siaga dan Satuan Karya ini berlangsung khidmat. Sebelum memasuki acara inti, Amran Mahmud bersama tamu lainnya disuguhkan penampilan dan atraksi dari peserta.

Bupati Wajo, Amran Mahmud yang membacakan sambutan seragam Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Komjen (Purn) Budi Waseso mengatakan, tahun ini menjadi momen bersejarah karena memperingati 111 tahun keberadaan gerakan kepanduan di Indonesia sejak tahun 1912.

Gerakan Pramuka pun diharapkan dapat terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan program-program pemerintahan serta menangani pendidikan nonformal dalam pembentukan karakter.

” Semoga semangat Gerakan Pramuka bisa meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional,”harapnya.

Ketua PAN Wajo itu juga mengatakan, wawasan kebangsaan menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan tidak luntur, tetap menanamkan nasionalisme, cinta tanah air, dan semangat bela negara.

Meski SDM yang bergerak di Gerakan Pramuka khususnya Pembina Pramuka dan Pelatih Pembina Pramuka jumlahnya sangatlah terbatas. Namun, peningkatan jumlah dan kualitas Pembina serta Pelatih Pembina Pramuka harus terus ditingkatkan.

Selain itu, menghadapi tahun politik, Amran berpesan agar persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan.”Saya berharap semua kwartir di semua tingkat harus dapat turut membantu peningkatan kualitas gugus terdepan yang berada di wilayah masing-masing,”pesannya.

Setelah pelaksanaan Apel Besar, dilanjutkan dengan ramah tamah di Rumah Jabatan Bupati Wajo, Jalan Veteran Sengkang.(*)

Pemkot Makassar

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *