banner dprd mkassar

Raih Gelar Profesor di Usia 40 Tahun, Hendra Jaya Tanamkan Motto Demi Cita dan Cinta

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Gelar Profesor termuda kembali diraih di Universitas Negeri Makassar (UNM) dalam bidang Ilmu Pendidikan Teknologi Kejuruan.

Kali ini, Hendra Jaya telah mencapai puncak tertingginya di bidang akademik dalam pencapaiannya sebagai guru besar yang diraihnya di usia 40 tahun.

Pria yang lahir di Ujung Pandang ini merupakan anak pertama dari empat bersaudara pasangan dari H Misi dan Hj Haisyah, sejak dahulu memiliki segudang prestasi.

Saat sarjana, Hendra Jaya sudah menjadi wisudawan terbaik fakultas, magister termuda dari UGM, serta doktor termuda UNY Yogyakarta dalam usia 30 tahun.

Hendra terangkat sebagai Dosen PNS dilingkungan UNM sejak tahun 2005. Saat ini jabatannya sebagai Ketua Program studi Program Sarjana Terapan Teknik Elektronika FT UNM tidak membuat karier berhenti, karena kesibukan jabatan strukturalnya.

Hendra Jaya membuktikan bahwa produktivitas dan manajemen waktu sangat menentukan keberhasilan seseorang. Peraih Penghargaan Dosen Pengabdi Terbaik III se-UNM, Dosen Peneliti Terbaik II se-UNM, Dosen Berprestasi I se-UNM, dan Kaprodi Berprestasi 1 se-UNM (dengan hadiah umrah dari Rektor UNM).

Berbagai artikel pada jurnal bereputasi yang berhasil dipublikasikan, sejumlah HKI dan buku referensi, lolos pendanaan proposal penelitian dan pengabdian baik skala nasional DRTPM Dikti dan internasional telah diraihnya.

Penelitiannya dalam bidang teknologi pendidikan khususnya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) telah membawa dampak proses pembelajaran melalui Virtual Laboratory dan Remote Laboratory yang berhasil ia kembangkan terutama pada masa pandemi Covid-19.

Remote Laboratory yang dikembangkan digunakan oleh siswa SMK dalam melakukan proses praktikum secara jarak jauh, melalui hasil temuannya diundang menjadi pembicara nasional dalam salah satu acara seminar dengan tema “Peranan Virtual Laboratory di Masa Pandemi Covid-19” bersama dosen UGM dan juga sebagai narasumber tunggal dalam workshop Virtual Laboratory pada Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) Jakarta.

Bapak empat anak ini juga aktif sebagai Visiting Research di Malaysia, Singapura, dan Hong Kong.

Dari 15 profesor yang diumumkan oleh Rektor UNM Prof Dr. Ir. H. Husain Syam, M.Tp., IPU., ASEAN. Eng, Hendra jaya, tergolong dengan usia belia menyandang gelar profesor muda yang dimiliki oleh Universitas Negeri Makassar dan Indonesia dalam bidang pendidikan Teknologi Kejuruan.

“Dengan motto ‘Demi Cita dan Cinta’, semoga bisa menjadi motivasi bagi teman-teman dosen, para mahasiswa dan generasi muda yang saya yakin jauh lebih baik dari saya saat ini. Serta mau mengabdikan dirinya untuk agama, bangsa dan negara, serta masyarakat untuk membangun daerah asalnya. Nama besar, lahir dari sebuah tekad yang besar,” ungkap suami Indah Mauliana ini. (*)

DATA DIRI
Nama: Prof Dr Hendra Jaya, S.Pd., M.T
Lahir: Ujung Pandang, 7 September 1982
Istri : Indah Mauliana, S.Pd
Anak :
– Muh Sholihudin Hedil
– Muh Sulfajri Hedil
– Syifa Syauqiya Hedil
– Syakila Humaira Hedil
Motto: Demi Cita Dan Cinta

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *