banner dprd mkassar

SMP Islam Athirah Makassar Laksanakan Field Trip Leadership dan Bela Negara Jakarta-Bandung

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – SMP Islam Athirah Makassar telah melaksanakan Field trip Leadership dan Bela Negara Jakarta-Bandung, Kamis (12/10/2023).

Acara ini berlangsung selama lima hari dari tanggal 12-16 Oktober 2023. Siswa yang mengikuti kegiatan ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 73 orang dan didampingi 7 orang guru. Adapun tema kegiatan fieldtrip ini yakni, Improving Our Leadership, Improving Our Nasionalism.

Dalam acara pelepasan yang dibawakan oleh Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah wilayah Kajaolalido, Mas Aman Uppi, S.Pd, M.Pd., menuturkan bahwa kegiatan ini adalah bukan hanya sekedar kegiatan jalan-jalam ke daerah orang atau kota orang, akan tetapi kegiatan ini lebih mengarah kepada pembentukan karakter siswa, baik dari perilaku, sikap, sosial, kekompakan, kepekaan, dan seluruh aspek-aspek yang mendukung.

“Agar karakter siswa bisa diubah dari yang tidak baik menjadi baik, dari yang tidak tahu menjadi tahu. Sehingga dalam proses belajar nantinya akan mendapatkan banyak manfaat dan pemahaman secara universal serta menumbuhkan jiwa nasionalisme dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara,” tuturnya.

“Kemudian yang tidak kalah pentingnya adalah agar siswa dapat belajar menjadi leader atau pemimpin yang berakhlak yang baik, bukan hanya pandai akan tetapi mempunyai sifat atau karakter kepemimpinan seperti tokoh-tokoh Islam terdahulu atau para sahabat,” ujarnya lagi.

Menjadi seorang pemimpin haruslah belajar dari hal-hal yang kecil seperti, memimpin diri sendiri, menjadi ketua kelompok, ketua kelas, ketua regu atau hal-hal yang bisa bersifat kepemimpinan.

“Sehingga di kemudian hari bisa menjadi pemimpin yang adil dan beradab serta beriman kepada Allah SWT,” tambahnya.

Ketua Panitia Field trip Firdayanti Firman, S.Pd, menyampaikan bahwa Kegiatan Field Trip Leadership dan Bela Negara adalah program unggulan dari SMP Islam Athirah Makassar yang diadakan setiap tahunnya untuk siswa kelas VIII di Jakarta-Bandung.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa leadership dan jiwa nasionalisme siswa dengan mendatangi secara langsung ke tempat-tempat tertentu sehingga siswa mendapatkan pengalaman yang lebih real,” jelasnya.

“Harapannya setelah kegiatan ini berlangsung terjadi perubahan perilaku dan sikap dari siswa menjadi lebih mandiri, disiplin, dan bertanggung jawab.Tahun ini dilaksanakan pada tanggal 12-16 Oktober 2023 dengan mengunjungi beberapa destinasi,” lanjutnya.

Adapun tempat-tempat yang telah dikunjungi, yaitu Gedung DPR/MPR RI, SMP Labschool, Sekolah Staf dan Komandan Angkatan Darat (SESKOAD), Puspa Iptek Sundial, Outbond Grafika Cikole Adventure Lembang, Floating Market, Saung Angklung Mang Udjo, Museum Geologi dan yang terkahir adalah kunjungan ke Perpustakaan Nasional RI.

Laporan : Hisbullah, S.Pd.I. (TIM WEB SMP Islam Athirah Makassar)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *