TK Islam Athirah Baruga Gelar Skrining Gangguan Refraksi dan Kesehatan Mata

Pemprov-Sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – TK Islam Athirah Baruga menggelar skrining gangguan refraksi dan kesehatan mata untuk anak didik mereka. Kegiatan ini dilakukan bekerja sama dengan Tim PERDAMI Ilmu Kesehatan Mata Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas).

Pemeriksaan dilakukan oleh tim dokter mata dari Ilmu Kesehatan Mata Fakultas Kedokteran Unhas dimana meliputi pemeriksaan ketajaman penglihatan dan pemeriksaan segmen anterior bola mata.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mendeteksi dini gangguan refraksi dan kesehatan mata pada anak,” ujar dr. Ratih, Sp.M(K), M.Kes Dokter Spesialis Mata Anak dari Tim PERDAMI Ilmu Kesehatan Mata Fakultas Kedokteran Unhas.

“Gangguan refraksi yang tidak dideteksi dan ditangani sejak dini dapat menyebabkan gangguan penglihatan yang permanen,” tambah dr. Ratih.

Kegiatan skrining ini diikuti oleh Anak didik TK Islam Athirah Baruga yang berjumlah 59 orang. Hasil skrining menunjukkan bahwa terdapat 8 anak yang memiliki gangguan refraksi. Anak-anak tersebut kemudian dirujuk ke dokter mata untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Kepala TK Islam Athirah Baruga, Rahmawati, S.Pd., M.Pd., menyambut baik kegiatan skrining ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan mata anak-anak.

“Kami sangat berterima kasih kepada Tim PERDAMI Ilmu Kesehatan Mata Fakultas Kedokteran Unhas yang telah bersedia melakukan skrining ini,” ujar Rahmawati.

Kegiatan skrining gangguan refraksi dan kesehatan mata ini merupakan salah satu bentuk komitmen TK Islam Athirah Baruga untuk memberikan pendidikan yang berkualitas bagi anak didik, termasuk pendidikan kesehatan.

Rita Subianti, S.Pd., M.Pd
=====
Sekolah Islam Athirah merupakan salah satu sekolah Islam terbaik di Sulawesi Selatan. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website www.sekolahathirah.sch.id atau hubungi Center of Information Officer (CIO) di nomor 0823-1111-1700.