banner dprd mkassar

Warga Selayar Curhat ke Danny Pomanto Soal Pembangunan Selayar

pemprov sulsel

SUARACELEBRS.COM  SELAYAR – Warga Kabupaten Kepulauan Selayar mengungkapkan berbagai permasalahan terkait pembangunan di daerah mereka kepada Ketua Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin (Unhas) Wilayah Sulawesi Selatan, Moh Ramdhan Pomanto.

Hal itu diungkapkan dalam sebuah pertemuan bincang malam yang berlangsung di Warkop Aseng Selayar, Jumat (23/06/2023) malam.

Dalam bincang santai itu, Danny Pomanto mendengarkan dengan seksama keluhan dan aspirasi yang disampaikan oleh warga Selayar.

Salah satu permasalahan utama yang menjadi sorotan adalah pembangunan Kepulauan Selayar yang di mana hampir 80 persen wilayahnya adalah laut.

Menjawab hal itu, Danny mengatakan perlu adanya pengembangan pada sektor kelautan di Selayar. Warga Selayar harus mempersiapkan diri untuk mengisi 80 persen ruang kosong di laut. Salah satu hal yang perlu digodok adalah pengembangan budidaya perikanan.

“Sistem budidaya perikanan itu sekarang ditentukan oleh indeks polusi. Ikan yang dihasilkan dari Selat Malaka lebih murah dari Selat Makassar karena ada indeks polusi itu,” katanya.

Di samping itu, warga juga mempertanyakan terkait pembangunan dan pengembangan di pulau induk Selayar.

Sebagai salah seorang yang merancang jalan lingkar timur Selayar pada masa kepemimpinan Bupati Akib Patta, Danny menekankan jika jalur lingkar pesisir mutlak harus dibangun jika pulau induk Selayar mau berkembang.

“Kawasan barat itu kawasan pesisir landai sementara kawasan timur yang agak tinggi. Kita ini daerah gempa, daerah tsunami, harus tahu itu supaya kita mitigasi, cegah sebelum terjadi,” katanya.

“Maka bagi saya mempersiapkan pembangunan Selayar yang tahan bencana itu harus naik ke ketinggian. Atau Kota Benteng ini harus ada poros untuk naik ke ketinggian untuk evakuasi kalau ada apa-apa,” imbuh Danny.

Oleh karena itu, kata dia, pembangunan suatu daerah perlu dirancang baik. Pertemuan ini diharapkan menjadi langkah awal bagi IKA Unhas Sulsel dan IKA Unhas Selayar untuk turut serta berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan pembangunan yang dihadapi oleh warga Selayar guna mewujudkan pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan. (*)

Pemkot Makassar

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *