Disdik Wacanakan Sekolah Tatap Muka di Hotel, Wahab: Baru Sekadar Ide

Abdul Wahab
PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR — Ketua Komisi D DPRD Kota Makassar, Abdul Wahab Tahir menyebut alternatif pembelajaran tatap muka di Hotel baru sekadar ide. Ia menyebut program tersebut masih perlu dipelajari.

Wahab berpandangan bahwa skema belajar dihotel belum tepat diterapkan dengan sejumlah pertimbangan.

“Konsep ini belum matang. Baru sekadar ide. Nanti kita lihat dan pertimbangkan bagaimana baiknya ke depan,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Makassar tengah menyiapkan sejumlah alternatif proses belajar mengajar selama pandemi Covid-19. Salah satunya menyiapkan hotel sebagai ruang belajar bagi siswa.

Tak itu saja, skema belajar di ruang terbuka semisal destinasi wisata juga menjadi opsi yang disiapkan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar.

Sementara itu, Anggota Komisi D DPRD Makassar, Yeni Rahman menilai konsep belajar outdoor dianggap tepat ketimbang dilakukan di hotel. Yeni menyebut itu tidak rasional dilakukan.

“Konsep belajar di hotel pada dasarnya tidaklah efektif. Konsep ini harus dikaji ulang,” tutur Yeni.

Yeni beralasan jika hotel digunakan sebagai ruang belajar, perlu adanya jaminan. Misalnya, kata dia mulai dari biaya hingga jaminan siswa mampu menerapkan protokol kesehatan.

“Memilih hotel sebagai ruang belajar tidak ada bedanya apabila anak-anak belajar di ruang kelas. Meski itu menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” tutupnya.

Sebelumnya Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Nielma Palamba, menjelaskan, konsep belajar di hotel pada dasarnya untuk menyiasati proses belajar mengajar di tengah pandemi virus korona ini.

“Konsep ini untuk mengantisipasi ruang belajar yang minim,” ujarnya.

Memilih hotel, kata Nielma, semata untuk memanfaatkan ruang hotel yang selama masa pandemi Covid-19 tak terpakai. Sembari membantu tingkat okupasi yang saat ini menurun.

“Apa salahnya kita manfaatkan. Kita sewa hotel-hotel yang tidak beroperasi,” jelasnya.

Pemkot Makassar SC