Disnaker Terima Puluhan Laporan Soal THR, Muliati: Tetap Harus Ada Sanksi!

SC - Muliati
PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR — Anggota DPRD Kota Makassar, Muliati, meminta perusahaan yang belum melunasi pembayaran tunjangan hari raya (THR) Idul Fitri 2021 untuk segera melunasi kewajiban tersebut.

Diketahui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar merilis ada setidaknya 25 laporan terkait THR karyawan pada lebaran tahun ini. Sedikitnya 10 diantaranya saat ini masih berproses kasus hukumnya.

“Terkait THR ya saya minta perusahaan segera menyelesaikan, itukan kewajiban perusahaan, jadi perusahaan tidak boleh tidak bayarkan THR karyawan,” ujar legislator PPP kepada fajar.co.id.

Ia pun meminta Disnaker Makassar untuk terus memediasi karyawan yang belum mendapatkan haknya tersebut. Dan bila perlu ada sanksi yang diberikan kepada Perusahaan jika melanggar kembali.

“Kasihan pekerja, mereka juga butuh hidup, tapi tidak bisa juga sepenuhnya disalahkan perusahaan, karena kondisinya masih belum stabil karena pandemi. Tapi tetap harus ada sanksi agar tidak terulang,” lanjutnya.

Sebelumnya, Kepala Seksi Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial Andi Sunrah Djaya menjelaskan, dari 25 aduan tersebut, 15 diantaranya telah dimediasi. Hanya saja mediasi belum sampai ke tahap penyelesaian pembayaran THR para pekerja.

Sebagai mediator, Disnaker Kota Makassar bertanggung jawab untuk mempertemukan pengusaha dan pekerja untuk mencari jalan agar hak pekerja didapatkan. Jika tidak berhasil maka dilimpahkan ke Disnaker Sulsel untuk dibuatkan rekomendasi ke perusahaan.

Apabila masih juga tidak dibayarkan, maka Disnaker punya kewajiban menyelesaikannya di pengadilan.

Dijelaskannya, sebelum ke meja hijau, pengusaha masih dapat beritikad baik untuk segera menyelesaikan pembayaran THR pekerja.

“Jadi masih punya waktu, sampai terbit rekomendasi juga dari pengawas untuk membayarkan juga masih bisa. Tapi kalau tidak juga, konsekuensinya pasti jadi kasus perdata di pengadilan,” jelasnya.

Pemkot Makassar SC