banner dprd mkassar

Kerjasama Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin dan Niigata University: Sukseskan Program Pertukaran Pelajar

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FKUH) dan Niigata University sukses melaksanakan program pertukaran pelajar (exchange program) yang diikuti oleh 2 mahasiswa S1 kedokteran semester 7 dari Niigata University. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 16 Agustus hingga 24 Agustus 2023. Sebelumnya, 5 mahasiswa dari FKUH telah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Internasional di Niigata University selama 2 minggu.

Dalam program inbound ini, kedua mahasiswa dari Niigata University berkesempatan untuk melakukan observasi dan studi lapangan di beberapa fasilitas medis di wilayah Makassar. Mereka melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Pusat Tindakan Medis dan Penelitian (RSPTN) UNHAS, RSUP. Dr. Wahidin Sudirohusodo, RSUD. Daya, serta Puskesmas Maradekaya. Selain itu, mereka juga turut berpartisipasi dalam kegiatan di FKUH, termasuk perkuliahan dan kunjungan ke Animal Lab.

Program ini dikoordinir oleh Wakil Dekan Bidang Publikasi, Pengabdian, dan Urusan Internasional FKUH, yaitu Dr. dr. Rina Masadah, Sp.PA(K), M. Phil, DFM. Dalam pelaksanaannya, program ini turut melibatkan staf dosen dan mahasiswa FKUH yang turut mendampingi seluruh rangkaian kegiatan.

Dr. dr. Rina Masadah, Sp.PA(K), M. Phil, DFM mengungkapkan, “Program ini sangat berguna bagi kedua belah pihak dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Diharapkan kerjasama ini masih akan terus berlangsung di tahun yang akan datang.” Ia juga menambahkan bahwa kolaborasi seperti ini memiliki potensi besar dalam memperluas wawasan akademik serta memperdalam pemahaman tentang dunia kedokteran secara global.

Melalui program ini, FKUH dan Niigata University telah membuktikan bahwa kolaborasi lintas negara dapat menghasilkan manfaat yang signifikan bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan kedokteran. Keberhasilan program exchange inbound ini membawa harapan bahwa lebih banyak peluang kerjasama serupa akan terus dijalin untuk mendukung pertukaran pengetahuan dan pengalaman antara kedua institusi di masa depan.(*)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *