Sebelum Goncang Biaskop, Pemeran Utama Film Ati Raja Temui Aru

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Dua pemeran Utama Film Ati Raja, Fajar Baharuddin alas Bojan yang berperan sebagai Ho Eng Dji  dan Stephani Vicky Andries berperan sebagai Ho Eng Gwee, adik dari Hotel Eng Dji menemui Mantan ketua DPRD Makassar, Farouk M Beta di Warkop Ashara, Jalan Bandang Makassar, Jumat (25/10/2019).

Film Ati Raja yang menceritakan kisah hidup seniman asal Makassar, Ho Eng Dji segera tayang 7 November 2019 mendatang. Film produksi Persaudaraan Peranakan Tionghoa Makassar (P2TM) dan 786 Production ini tayang di bioskop tanah Air.

Farouk M Beta sangat mengapresiasi karya anak Makassar tersebut. Menurutnya  hadirnya film  itu Makassar tahun 1940-an dengan keberagaman budaya dan agama dapat digambarkan.

“Dengan adanya Film Ati Raja ini Makassar tahun 1940 an yang sangat kental kala itu dapat digambarkan kepada era milenial ini. Tentunya kami sangat mendukung anak anak Makassar berkarya dalam pembuatan film,” ucap Aru sapaan Farouk M Beta.

Film Ati Raja yang menceritakan kisah hidup seniman Ho Eng Dji ini merupakan karya sineas asal Makassar, Shaifuddin Bahrum  yang akrab disapa Daeng Uddin.

Ho Eng Dji lahir di Kassi Kebo pada 1906 dan meninggal di Makassar pada 1960.

Dia adalah seorang penyair dan musisi Makassar dengan latar budaya kehidupan kaum Tionghoa peranakan yang hidup bergaul harmonis dengan masyarakat Makassar.

Ho Eng Dji adalah peranakan Tionghoa, Bugis, Makassar tapi sangat cinta tanah Makassar.

Sosok yang sangat menginspirasi lewat karya-karyanya dan sangat menyatu dengan nuansa masyarakat Makassar.

Syair dan karyanya bisa dinikmati hingga saat ini. Ho Eng Dji meleburkan sekat-sekat etnik dalam masyarakat di Makassar.

Menurutnya, tidak ada istilah orang pribumi dan nonpribumi tapi masyarakat multi etnik lebur dalam satu yakni masyarakat Makassar.(*)

Andi Muhammad Fadli