Jadi Pembicara di Indonesia Makin Cakap Digital, Andi Fadli Bahas Belajar Online dengan Kemampuan Digital

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerjasama dengan Siber Kreasi telah menggelar kegiatan online Indonesia Makin Cakap Digital yang dilaksanakan pada 14.00 – 17.00 WITA. Tema yang usung dalam kegiatan ini adalah “Melindungi Anak dari Kejahatan Dunia Maya, di Era Digital”, Kamis (26/8/2021).

Salah satu narasumber yang dihadirkan ialah Andi Muhammad Fadli selaku Dosen Komunikasi UIN Alauddin Makassar yang membahas mengenai belajar online dengan kemampuan digital.

Andi Muhammad Fadli dalam hal ini menjelaskan tentang belajar online yang bisa menjadi sumber belajar yang bisa diakses dengan mudah menggunakan koneksi internet.

“Sumber belajar yang dapat diakses di internet yang bersifat online merupakan peluang bagi siswa untuk memperoleh banyak informasi dalam menunjang kegiatan belajar,” jelas mantan Ketua AJI Sulsel ini.

“Akan tetapi, untuk dapat memperoleh informasi yang valid sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar diperlukan kemampuan literasi,” lanjutnya lagi.

Dia juga menambahkan dengan adanya kemampuan literasi terhadap sumber belajar digital diharapkan mampu meningkatkan efektivitas belajar dalam keadaan saat ini.

Selain menjelaskan tentang pembelajaran online, Fadli juga menjelaskan tentang literasi digital yang juga memiliki pengaruh dalam melakukan proses pembelajaran online seperti saat ini.

“Kemampuan untuk mengolah informasi dan pengetahuan yang ada di internet merupakan pengertian dari literasi digital. Oleh karena itu, setiap orang harus dibekali literasi digital, khususnya dalam memilih sumber belajar supaya dapat memilih mana sumber belajar yang baik,” ujarnya.

Selain Andi Muhammad Fadli, kegiatan ini juga diisi oleh Arlemega sebagai moderator, selain itu ada juga Pengajar Sekolah.mu, Wita, Influencer, Firji E.T Massie, dan Periksa Fakta Senior Mafindo, Muhammad Khairil Haesy yang masing-masing bertindak sebagai narasumber. (Ainun Muhammad)

Pemkot Makassar SC
Pangkep SC