banner dprd mkassar

SD Islam Athirah 1 Makassar adakan Sosialisasi P5 dengan Kenalkan Aksara Lontara

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Siswa-siswi kelas 4 SD Islam Athirah 1 Makassar belajar huruf aksara lontara. Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema ‘Kearifan Lokal’.

Lewat kegiatan ini masih tahap sosialisasi dan diharapkan siswa bisa menerapkan Profil Pelajar Pancasila dan mampu berkembang sesuai dengan Implementasi Kurikulum Merdeka, kamis (22/2/2024) di multimedia Sekolah Islam Athirah

Sebagai pemateri, Kartia Amriani, S.Pd menyampaikan beberapa tujuan pada kegiatan sosialisasi ini diantaranya siswa mengenal budaya makassar diantaranya huruf lontara, siswa menumbuhkan kesadaran dan rasa cinta siswa terhadap Aksara Lontara.

Bukan hanya itu, pada proses sosialisasi P5 ini diawali dengan pengenalan budaya makassar pada sebuah video yang dimana menginformasikan budaya makassar dalam perayaan maulid Nabi Muhammad SAW atau yang dikenal dalam bahasa makassar “Kaddo Minyak”.

Selain itu, siswa juga di kenalkan langsung terkait huruf lontara, dan diakhir siswa diminta untuk mengaplikasikan huruf lontara dengan menuliskan huruf lontara apa saja lalu dimuat dalam sebuah kata.

Pada saat kegiatan berlangsung, siswa kelas 4 terlihat cukup antusias. Seperti yang disampaikan oleh Kaffa yang merupakan siswa kelas 4 Al Hamid “saya senang orang makassar tetapi baru belajar huruf lontara, biasanya saya cuma dengar bahasa makassar saja tetapi sekarang saya juga tau huruf lontaranya”, ungkapnya.

Diakhir kegiatan, Khasan S.Pd.,MM selaku Kepala Sekolah SD Islam Athirah 1 Makassar menitipkan pesan semoga dengan hari ini kalian belajar mengenal aksara lontara, khususnya yang bukan orang makassar dan berasal dari luar sulawesi selatan. Kalian bisa banyak belajar serta mencintai beragam budaya sulawesi selatan khususnya makassar”, harapnya.

Penulis : Fajriati Ummah,S.Pd.,Gr (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)

=====

Sekolah Islam Athirah merupakan salah satu sekolah Islam terbaik di Sulawesi Selatan. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website www.sekolahathirah.sch.id atau hubungi Center of Information Officer (CIO) di nomor 0823-1111-1700.

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *