Survei LSI 71, 82 Persen Masyarakat Gowa Inginkan Adnan Purichta Ichsan Kembali Jadi Bupati

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Lingkar Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei terbarunya terkait empat tahun masa kepemimpinan Adnan Purichta Ichsan sebagai Bupati Kabupaten Gowa dalam masa pemerintahan 2015-2020 di Marcure Hotel, Makassar, Rabu, 27 November 2019.

Hasil survei LSI menyebutkan bahwa sebesar 83,75 persen masyarakat menyatakan sangat puas terhadap kinerja Adnan Purichta Ichsan. “Selain itu, 80,68 persen masyarakat menilai pemerintahan Adnan sangat berhasil, ” kata peneliti LSI, Haerul Aman kepada wartawan dalam konferensi pers.

Dijelaskan Haerul, hasil survei juga menunjukan angka yang tinggi atau sangat puas terhadap keberhasilan Adnan dalam mengatasi berbagai masalah umum di kabupaten ini. Seperti penanganan masalah keamanan (87,85 persen), pelayanan pendidikan (86,47 persen), dan pelayanan kesehatan (80,34 persen) dengan persentase masyarakat yang menjawab puas masing-masing sebesar dan .

Begitu pula dengan tingkat kepuasan terhadap penanganan masalah pelayanan administrasi publik, penegakan hukum, pelayanan air bersih, pelayanan fasilitas kebersihan, dan perbaikan tata kota dan penerangan jalan. “Persentase masyarakat yang menjawab puas masing-masing diatas 60 persen,” kata Haerul.

Haerul juga membeberkan lima program Pemerintah Kabupaten Gowa periode 2015-2020 yang dinilai berhasil oleh masyarakat. Dua diantaranya adalah program pelayanan kesehatan. Program yang dinilai paling berhasil yaitu Layanan Kesehatan Gratis dengan persentasi 78,86 persen dan Proyek Pembangunan Puskesmas Rawat Inap dengan persentase 78,30 persen

Pembangunan Fisik dari Masjid Agung Syekh Yusuf dan Syech Yusuf Discovery juga dinilai sangat sangat berhasil dengan persentase sebesar 74,09 persen. Kemudian program wisata “Beautiful Malino” (57,95 persen) dan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (57,16 persen).

Adnan di Pilkada Gowa 2020

Selain merilis hasil survei kinerja selama empat tahun terakhir, LSI juga membeberkan hasil survei tingkat keterpilihannya kembali pada Pilkada 2020, yang akan digelar 23 September 2020 mendatang.

“Hasil riset LSI menunjukkan sebesar 71,82 persen masyakat Gowa menyatakan menginginkan kembali Adnan Purichta Ichsan menjabat kembali sebagai bupati di periode pemerintahan selanjutnya. ” kata Haerul.

Dikatakan, kepribadian yang baik dan keberhasilan program kerja incumbent menjadi alasan utama masyarakat Gowa untuk menginginkan kembali incumbent menjabat sebagai Bupati Kabupaten Gowa.

Secara rinci, hasil riset menyebutkan bahwa masyarakat yang mendukung Adnan sebagai calon kandidat bupati mencapai 60,11 persen suara dalam Pilkada Gowa

Dalam riset itu juga muncul sejumlah nama yang terjaring dalam survei. Seperti Amir Uskara (anggota DPR RI), Darmawangsyah Muin (anggota DPRD Sulsel), Abdul Rauf Malaganni Karaeng Kio (Wakil Bupati Gowa), Andi Kumala Idjo (Keluarga Kerajaan Gowa), H. A. Tenri Ajeng (istri Amir Uskara), Ria Effendy (politisi Partai Gerindra), Andi Baso Mahmud (mantan Bupati Gowa 2004), Kaharuddin Dg Bombong (politisi Golkar), H. Muchlis Daeng Masse dan A. Latif Daeng Lira (Aparatur Sipil Negara).

Dari nama yang terjaring nama Amir Uskara berada di urutan kedua dengan persentasi 10,11 persen, kemudian disusul Darmawangsyah Muin (5,23 persen). Sedangkan 8,64 persen suara tersebar untuk 9 calon lainnya: Abdul Rauf Malaganni (3,30 persen), Andi Kumala Idjo (1,70 persen), H. A. Tenri Ajeng (1,14 persen), Ria Effendy (0,91 persen), Andi Baso Mahmud (0,57 persen), Kaharuddin Dg Bombong (0,45 persen), H. Muchlis Daeng Masse (0,23 persen) dan A. Latif Daeng Lira (0,11 persen). Sedangkan sisa suara 15,91 persen belum menyatakan pilihan

“Tingginya hasil capaian suara yang diperoleh Adnan Purichta Ichsan tidak terlepas dari hasil kinerjanya pada masa pemerintahannya, ”

Tingkat menginginkan kembali Adnan sebagai Bupati Kabupaten Gowa juga berbanding luru dengan tingkat pengenalan yang paling tinggi yakni sebesar 92,84 persen. Kemudian disusul oleh wakilnya, Abdul Rauf Mallagani (71,36 persen) dan Amir Uskara dengan 64,20 persen.

Dua calon kandidat lainnya yang juga memiliki tingkat pengenalan cukup tinggi (di atas 40 persen) adalah Darmawangsyah Muin dan Tenri Ajeng. “Sementara calon kandidat lainnya masih memiliki tingkat pengenalan rendah yaitu dibawah 30 persen.”

Adnan juga memiliki tingkat kesukaan paling tinggi sebesar 84,77 persen, disusul oleh Abdul Rauf Mallagani sebesar (58,86 persen) dan Amir Uskara (47,61 persen). Sementara calon lainnya masih dibawah 35 persen.

Hasil tersebut berdasarkan survei yang dilakukan di Kabupaten Gowa pada 14-19 Oktober 2019 dengan total 880 responden yang tersebar di seluruh kecamatan dengan perbandingan karakteristik demografis dan geografis yang proporsional. Wawancara yang dilakukan pada responden dilakukan secara tatap muka. Multistage random sampling dipilih sebagai metode survei dengan selang kepercayaan 95% dan margin of error 3,37 persen.(*)

Andi Muhammad Fadli