Jaga Produksi Padi, Dinas TPH Tolitoli dan Petani Dongigis Basmi Kepinding Tanah

SUARACELEBES.COM, TOLITOLI – Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah bersama petani di Desa Dongigis, Kecamatan Dakopamean mengamankan produksi padi dari gangguan hama. Mereka melakukan gerakan pengendalian kepinding tanah pada area persawahan di daerah tersebut.

Kepala dinas Tanaman Pangan Holtikultura, Kabupaten Tolitoli, Rustan Rewa turun langsung memantau petani melakukan penyemprotan hama. Ini adalah langkah cepat yang dilakukan, sebelum terjadi kerusakan yang cukup para terhadap tanaman padi.

“Ini langkah cepat yang diambil  dalam membasmi kepinding tanah, hama yang bisa merusak tanaman padi, petani serentak melakukan penyemprotan beberapa hari lalu,” kata Rustan Rewa, Jumat (29/01/2020).

Rustan Rewa, menjelaskan kegiatan sekaligus menjaga produksi padi aelama masa pendemik corona virus disease (Covid) 19 di sektor pangan khususnya beras. Sektor ini menjadi prioritas utama untuk memenuhi ketersediaan pangan apalagi memasuki bulan Ramadhan.

“Pertanaman padi tetap harus kita kawal, meski wabah pandemi virus Corona masih melanda wilayah Sumatra Utara,” ucap Rustan.

Apalagi, lanjutnya, produksi padi masih teramat dibutuhkan dalam upaya menuju swasembada pangan berkelanjutan. Sekecil apapun ancaman yang akan mengganggu produksi pangan akan cepat kami tindaklanjuti.

“Ini untuk menyelamatkan pertanaman padi dengan melakukan gerakan pengendalian agar dapat serangan tidak meluas ke wilayah lain,” ujar Rustan.(*)

PEMKOT-Makassar