Di Elementery School Cheongyang, IYL Teliti Proses Belajar-Mengajar

Pemkot Makassar SC
BAPENDA Makassar SC

SUARACELEBES.COM, KOREA- Ichsan Yasin Limpo (IYL) terus memanfaatkan waktunya melakukan penelitian langsung di Korea Selatan. Selama dua hari berturut-turut, mantan Bupati Gowa yang dikenal tegas ini, mengunjungi berbagai sekolah.

Hari ini, Selasa (29/08/17), IYL yang fokus melakukan penelitian tentang pendidikan dasar untuk penyusunan disertasi gelar doktornya di Unhas, berkesempatan meninjau sekaligus melihat langsung proses belajar-mengajar di Elementery School Cheongyang.

Di sekolah setingkat SD ini, IYL yang dikenal sebagai pelopor pendidikan gratis di Indonesia, diterima langsung oleh Kepala Sekolah Yeo Seong Weon, serta sejumlah guru di sekolah moderen tersebut.

Selama sekitar dua jam, IYL yang selama tujuh hari melakukan penelitian di Jepang dan Korea, mendapat penjelasan oleh kepala sekolah dan guru mengenai proses belajar mengajar ke siswa, baik untuk mata pelajaran kelas 1-2, maupun kelas tiga ke atas.

Di samping itu, IYL yang belum lama ini dinobatkan oleh lembaga kemanusiaan PBB sebagai tokoh peduli pengungsi di Indonesia, juga membandingkan tentang cara tenaga pendidik menjelaskan setiap mata pelajaran ke siswa. Begitu pun soal posisi duduk, dan seragam siswa.

“Ini penting menjadi bahan penelitian saya, karena terkait proses belajar-mengajar yang dibuat se-nyaman mungkin di ruang kelas,” tutur IYL, melalui rilis yang diterima redaksi, Selasa (29/08/17) siang.

Dengan kunjungan ke sekolah setingkat SD ini, maka IYL sudah mengambil sampel penelitian di semua tingkatan sekolah di negara tetangga Jepang tersebut selama dua hari berturut-turut.

Sehari sebelumnya, Ichsan yang pernah menjadikan Kabupaten Gowa sebagai pemerintahan terbaik kedua nasional saat menjadi bupati, mengunjungi sekolah Jakjeon atau SMA, serta Gan Jae (SMP) di salah satu kota di Korea Selatan.

Selain itu, “Mr Komitmen” tersebut juga mendapat kesempatan untuk berburu bahan penelitian di dinas pendidikan setempat, baik mengetahui tentang kurikulum yang diterapkan di tingkat SD, SMP, SMA, maupun kebijakan lainnya dari pemerintah.

Sesuai rencana, usai penelitian di Korea, IYL bakal balik terlebih dahulu ke dalam negeri yang dijadwalkan tiba di Makassar, Kamis (31/08/17). Setelah itu, sekira September atau Oktober, pasangan Andi Mudzakkar di Pilgub Sulsel ini, akan bertolak lagi ke negara lain untuk melanjutkan penelitiannya.

Sekadar diketahui, IYL melakukan penelitian di tujuh negara. Masing-masing, Jepang, Korea, Singapura, Malaysia, Australia, Finlandia, serta Belanda. Sejauh ini sudah ada tiga negara yang dikunjungi, yakni Jepang, Korea dan Singapura.(*)

Badan Intelijen Negara
Pangkep SC