banner dprd mkassar

Pembukaan Sertifikasi Pembimbing Haji Angkatan VIII: Wujudkan Pembimbing Profesional, Mandiri, dan Moderat

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Angkatan VIII (Mandiri) tahun 2023 resmi dibuka yang bertempat di Gedung Safha Asrama Haji, Sudiang, Kota Makassar, Jumat (29/09/2023).

Menurut Dr. H. Andi Abdul Hamzah, LC, M.Ag selaku Ketua Panitia Sertifikasi ini merupakan hasil kerjasama antara UIN Alauddin Makassar dan Kanwil Kemenag Sulsel. Jumlah pesertanya mencapai 76 orang.

“Kami juga telah merekrut narasumber dari kalangan akademisi, praktisi, dan juga para ulama agar para pembimbing ini bisa menjadi pembimbing yang profesional. Melalui sertifikasi ini kami berharap bisa menghasilkan pembimbing yang profesional, mandiri, serta profesional,” jelasnya.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Kanwil Kemenag Sulsel dan UIN Alauddin Makassar yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pada peserta yang telah hadir dan semoga bisa menjadi pembimbing yang baik dan profesional,” lanjutnya.

Menurut Prof. Rasyid Masri selaku Dekan FDK UIN Alauddin Makassar melihat situasi yang ada dengan peserta itu ibarat de Facto dan de Jure.

“Kalau di liat secara de facto, bapak dan ibu sudah tidak perlu diberikan materi, karena banyak sekali disini yang ilmunya sudah tinggi. Tetapi secara de jure belum bisa jadi apa-apa ketika belum menerima sertifikat ini,” tuturnya.

“Berkaitan dengan sertifikasi haji ini, saya berharap pelatihan ini bisa menciptakan pembimbing haji yang profesional. Selain profesionalisme, tentu kita juga perlu menguasai hal-hal yang lain, seperti kompetensi kognitif, kompetensi sosial, dan kompetensi pribadi,” lanjutnya.

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *