Siswa SMP Islam Athirah Makassar Ikuti Nobar Kegiatan Advokasi dan Publikasi BBPMP

Pemprov-Sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Perwakilan siswa SMP Islam Athirah Makassar ikut nonton bareng pada kegiatan Advokasi dan Publikasi Kebijakan Merdeka Belajar oleh BBPMP, Selasa (28/11/1023).

SMP Islam Athirah Makassar memenuhi undangan dari Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan atau yang lebih dikenal BBPMP untuk melakukan kegiatan Advokasi dan Publikasi kebijakan merdeka belajar.

Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang ditetapkan oleh Bapak Nadiem Anwar Makarim dan kurikulum merdeka ini pula membuat pelajar bisa mengembangkan potensi mereka dan dapat menumbuhkan rasa kebersamaan.

Pada kegiatan BBPMP ini, siswa SMP Islam Athirah Makassar diwakili oleh Muh. Naqib Ruslan kelas 8 Omar Khayyam, Emilia Zahra Situmorang kelas 8 Ibnu Abbas, dan Siti Faiqah Amal kelas 8 Ir.Soekarno dan didampingi oleh Firdayanti Firman,S.Pd.
Kegiatan nonton bareng berjudul Karena Semua Murid Istimewa, adalah sebuah film yang disutradarai oleh Arfan Sabran.

Film itu memiliki cerita keterbelakangan seorang guru dan siswa yang berusaha untuk bisa menggunakan alat seadanya agar bisa menjalankan kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka.

Sepanjang acara semua guru dan siswa sangat senang dapat mengikuti acara ini, setiap peserta juga mendapatkan baju yang bertuliskan “MERDEKA BELAJAR”.

Setiap peserta juga mendapatkan kupon undian yang akan diacak setiap break acara. Selain itu juga ada quiz- quiz yang bersangkutan dengan kurikulum merdeka dengan hadiah yang menarik.

Selain kegiatan nonton bareng ada juga kegiatan pembahasan seputar kekerasan, asusila maupun pembullyan di sekolah, yang dibawakan oleh ibu Ainun Farida, S.Si., M.Si. Beliau membahas dampak maupun macam- macam kekerasan yang terjadi di sekolah.

Acara yang diikuti oleh hampir 216 instansi ini memberikan kesan dan pesan yang sangat baik, apa lagi dengan fasilitas yang diberikan kepada peserta, yang membuat peserta senang dan nyaman mengikuti acara sampai akhir.

Emilia Zahra Situmorang dari kelas 8 Ibnu Abbas yang mengikuti acara ini menyampaikan bahwa dia senang mendapatkan kesempatan mengikuti acara ini.

“Alhamdulillah senang dapat undangan di acara ini. Saya mendapatkan banyak ilmu tentang merdeka belajar, dapat terhibur oleh tampilan dari paud dan pelajar karate yang penampilannya sangat luar biasa, serta mendapatkan beberapa hadiah dari panitia penyelenggara,” ujarnya.

Penulis pun bahagia bisa hadir dalam moment ini, karena ditampilkan sebuah short movie yang menunjukkan tentang kurikulum merdeka di Indonesia. Movienya memiliki banyak kesan, dan saya menyukainya.

“Semoga suatu hari nanti, kegiatan ini dapat dilaksanakan kembali,” harapnya

Laporan : Muh. Naqib Ruslam (Siswa kelas 8 Omar Khayyam)