Produksi Padi Meningkat, Bupati Wajo Apresiasi PT. Syngenta Indonesia di Pesta Panen

Pemkot Makassar SC
BAPENDA Makassar SC

SUARACELEBES.COM, WAJO – Pemerintah Kabupaten Wajo bersama PT. Syngenta Indonesia mengelar Festival Armure 2017 seribu petani di Dusun Ongko Desa Ongko, Kecamatan Belawa, Rabu (30/08/2017). Kegiatan yang dirangkaikan dengan Pesta Panen Raya itu turut dihadiri Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru.

PicsArt_08-30-11.33.32

Bupati dua periode itu dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada PT Syngenta Indonesia atas kerja samanya yang sangat menunjang peningkatan produksi hasil panen padi di daerahnya.

“Ini sangat luar biasa karena petani sudah ada yang mengcapai hasil 8 ton perhektare,” kata Andi Burhanuddin Unru.

Andi Burhanuddin Unru juga menyampaikan untuk meningkatkan produksi para petani harus memperhatikan beberapa hal. Diantaranya
perlu memilih bibit unggul, perlu memahami pengolahan tanah yang baik, perlu memahami waktu pemupukan yang tepat dan pengendalian hama yang teratur sehingga mampu meningkatkan produksi hasil panen sesuai program pemerintah secara Nasional yaitu Gerakan Ketahanan Pangan.

Sementara itu Direktur PT Syngenta Indonesia, Bahtiar Manadjeng yang hadir dia acara tersebut menyampaikan terima kasihnya atas kerja sama yang baik bersama Pemerintah Kabupaten Wajo dan para petani di Kabupaten Wajo.

“Di Wajo Sudah ada 20 orang petani menerapkan Good Agricultur Praktice (GAP) dari PT Syngenta Indonesia dan produksinya sudah mengcapai 8 perhektar. Sistem GAP ini ada peningkatan dibanding produksi normalnya,” ungkap Bahtiar Manadjeng.

Lanjut Bahtiar menyampaikan para petani sebaiknya memilih bibit unggul dan sesuai dengan cara tanam legewo untuk mengcapai hasil panen meningkat.

PicsArt_08-30-11.34.28

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Andi Parenrengi (Kadis Ketahanan Pangan Tingkat Prov. Sul-Sel), H. Muh. Yunus Panaongi. (Ketua DPRD Kab. Wajo), AKBP Noviana Tursanurohnad. S. Ik. Msi (Kapolres Wajo), Letkol Inf Arif Susanto (Dandim 1406/Wajo), Andi Muh Yusuf. AB (Kakebangpol Kab. Wajo), Eko Bambang (Kajari Kab. Wajo), Unsur SKPD dan Muspida Kab. Wajo, H. Ahmad Jahran.Ap.MM (Camat Belawa), H. Andi Kasau (PPK Kec. Belawa), AKP Andi Bangsawan (Kapolsek Belawa) beserta anggota, Kapten Inf Sumarno (Danramil Belawa/04), beserta anggota dan Ibu Persit, Kades/Lurah se-Kec. Belawa dan Sekitar 1000 Petani gabungan dari Kab. Wajo, Kab. Soppeng, Kab. Sidrap dan Kab. Pinrang.(*)

Badan Intelijen Negara
Pangkep SC