banner dprd mkassar

Kirab Pemilu 2024 di Wajo, Wabup Amran Ajak Masyarakat Tingkatkan Partisipasi Pemilih

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Wakil Bupati Wajo, Amran menghadiri Kirab Pemilu tahun 2024 yang di gelar KPU Kabupaten Wajo di Lapangan Merdeka Sengkang, Selasa (29/08/2023).

Wakil Bupati Wajo, Amran menerima bendera kirab dari Kabupaten Luwu. Pemukulan gong, pelepasan balon dan penandatanganan deklarasi kirab menjadi penanda dimulainya kirab pemilu di Kabupaten Wajo. Bendera kirab pemilu akan dibawa keliling ke 14 Kecamatan di Kabupaten Wajo, kemudian dibawa ke Kabupaten Bone pada tanggal 4 September 2024 mendatang.

Wakil Bupati Wajo, Amran dalam sambutannya mengatakan, kalau pemerintah kabupaten wajo menyambut baik dengan diselenggarakannya kirab pemilu ini. Menurutnya, kegiatan ini merupakan momen yang sangat penting untuk mendukung, agar pelaksanaan pemilu berjalan dengan baik

Amran menjelaskan, Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa merupakan nasionalisme yang dibangun dari perbedaan, kemajemukan, pluralisme atau heterogenitas. Bukan dibangun dari homogenitas.

Melaui kirab ini, Amran mengharapkan dapat memberikan edukasi kepada seluruh lapisan masyarakat agar memiliki tanggung jawab yang sama untuk melakukan sosialisasi dan meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu tahun 2024.

“Kami mengimbau agar masyarakat dapat menyambut pemilu tahun 2024 dengan gembira dan berharap kepada semua pihak dapat mengawal pesta demokrasi ini dengan melibatkan diri untuk menjaga suasana Kabupaten Wajo tetap dalam suasana yang kondusif,” ucapnya.

Amran menegaskan bahwa pada prinsipnya pemerintah daerah kabupaten wajo siap mendukung dan bekerja sama guna memastikan pemilu 2024 berjalan aman, lancar dan damai. “Semoga nantinya pemilu tahun 2024 bisa berjalan lancar dan sukses,” harapnya.

Sementara, Ketua KPU Sulsel yang diwakili Anggota Divisi Sosdiklih & Parmas, Hasruddin Husain berharap melalui kirab pemilu ini, Pemilu tahun 2024 ada mindset baru.

“Kita harapkan Arah kebijakan bagaimana supaya demokrasi bukan saja prosedural tapi ada subtansi yang salah-satunya menguatkan masyarakat untuk bagaimana meningkatkan partisipasinya dalam Pemilu tahun 2024,” ucapnya.

Selain itu kata Hasruddin Husain, juga memberikan aspek penyadaran kepada masyarakat untuk bagaimana ikut berperan aktif dalam menyukseskan Pemilu tahun 2024.

Ketua KPU Wajo, Haedar mengatakan bahwa Kirab pemilu tahun 2024 mengusung tema “Pemilu sebagai Sarana Integrasi Bangsa” yang diselenggarakan hari ini merupakan program nasional yang diluncurkan oleh KPU RI di beberapa titik di seluruh indonesia sejak 14 Februari 2023 lalu.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Pimpinan DPRD Wajo, Forkopimda Wajo, Sekda Wajo, Armayani, Pimpinan Partai Politik, Komisioner KPU dan Komisioner Bawaslu serta undangan lainnya.(*)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *