NasDem-Golkar Bentuk Koalisi “Besar” Untuk Pilgub dan Pilkada Serentak 2018

Pemkot Makassar SC
BAPENDA Makassar SC

Makassar : Golkar – NasDem akan menjadi kekuatan besar di sejumlah Pilkada di Sulawesi Selatan, termasuk Pilgub Sulsel mendatang. Kedua partai besar ini, konon akan membentuk poros besar di Sulsel untuk memuluskan sejumlah kandidatnya baiknya di Pilgub maupun Pilkada.

Poros Sulsel Bersatu atau Nasional Plus ini semakin gencar menyusul aktifnya pertemuan antara elit DPW Partai NasDem dan Partai Golkar Sulsel. Beberapa hari lalu, elit DPW NasDem dan Elit Golkar seperti Nurdin Halid, Sekjend DPP partai Golkar Idrus Marhan serta Kadir Halid bertemu bersama tiga elit DPW Nasdem Yakni Rusdi Masse, Sahar Alrif serta bendahara Partai NasDem. Pertemuan terakhir mereka membahas arah kebijakan nasional di Pilgub serta Pilkada se Sulsel.

“Ini melanjutkan arahan Jakarta untuk kepentingan Pilgub dan Pilkada di Sulsel. Kami menyatukan visi untuk Sulsel” ungkap Sahar Alrif, Sekretaris DPW NaDem melalui rilis nya ke sejumlah media Kamis 31 Agustus 2017.

Meski belum membahas secara teknis namun menurut Sahar, arah kebijakan kedua partai ini sudah semakin mengerucut yakni menciptakan koalisi Sulsel Bersatu atau selama ini disebut Koalisi Nasional plus. Koalisi ini bukan hanya untuk kepentingan Pilgub dan Pilkada melainkan lebih luas lagi untuk kepentingan nasional. Anggota DPRD Sulsel ini tidak menampik jika NH dan RMS bersama sama akan melakukan komunikasi dengan sejumlah partai untuk mewujudkan koalisi ini.

Senada dengan Sahar, Wakil Ketua Bapilu Sulsel Kadir Halid menyatakan bahwa koalisi antara kedua partai tersebut bisa saja akan merambah hingga ke daerah. “Koalisi antara Nasdem dan Golkar ini semakin mesra” ungkap anggota komisi E DPRD Sulsel ini. Bahkan adik kandung NH ini mengungkapkan bahwa sejumlah partai akan ikut bergabung bersama poros ini.

Di Makassar sendiri dua partai ini intens melakukan pertemuan dan menggalang komunikasi dengan partai lain untuk menantang incumbent Dhani Pomanto. Hal Ini digagas oleh Ketua Golkar Makassar Farouk MBetta ketua DPRD Makassar serta Andi Racmatika Dewi yang juga Wakil Ketua DPRD Sulsel dari partai NasDem. (*)

Badan Intelijen Negara
Pangkep SC