banner dprd mkassar

Prof Hamsu: Pilrek UNM Sudah Sesuai Prosedur, Tidak Ada yang Menyimpang

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR — Ketua Panitia Pemilihan Rektor Universitas Negeri Makassar, Prof Dr Hamsu Abdul Gani menegaskan proses pemilihan rektor UNM periode 2024-2028 tidak ada yang menyimpang. Semua tahapan dilakukan sesuai prosedur dan regulasi yang ada.

Penegasan ini disampaikan Hamsu menyusul adanya pernyataan dari salah satu calon rektor, Prof Dr Ichsan Ali yang menyoroti pelaksanaan pemilihan rektor.

“Semua tahapan dan prosedur dan peraturan yang ada. Tidak ada yang menyimpang,” kata Hamsu Gani.

Hamsu menambahkan agak keliru jika ada kelompok yang menolak hasil pemilihan rektor. Alasannya, seluruh tahapan dilakukan secara prosedural, profesional, dan demokratis.

“Tidak ada pengaturan suara. Semua anggota senat sudah melakukan hak pilihnya sesuai nuraninya masing-masing. Jika ada calon yang meraih suara signifikan, mungkin itu penilaian anggota senat,” katanya lagi.

Direktur Program Pascasarjana UNM ini juga mengomentari pernyataan Ichsan Ali yang menyebut panitia pemilihan tidak melibatkan dewan pengawas UNM dalam tahapan pemilihan.

Menurut Hamsu, Ketua Dewan Pengawas UNM, Prof Dr Syamsul Bahri hadir langsung dalam pemaparan visi misi calon rektor yang digelar 26 Februari 2024.

Begitu juga Ketua Satuan Pengawas Internal UNM dilibatkan dalam semua tahapan pelaksanaan pemilihan rektor, mulai sosialisasi calon hingga pemungutan suara.

“Perwakilan menteri, guru besar dan civitas akademika UNM juga hadir dalam pemaparan visi misi yang disiarkan langsung melalui live streaming,” katanya lagi.

Seperti diketahui pemilihan rektor UNM tahap pertama sudah berlangsung Selasa, 27 Februari lalu. Hasilnya, Prof Hasmyati unggul dengan raihan 51 suara disusul Prof Dr Karta Jayadi 5 suara dan Prof Hasnawi Haris 4 suara.

Tiga calon dengan suara terbanyak ini akan maju pada pemilihan rektor putaran kedua yang dijadwalkan akan berlangsung 7 Maret mendatang mendatang. Di putaran kedua, selain anggota senat juga sudah ada perwakilan Menristek Dikti yang akan ikut memilih.

Dua calon lainnya Prof Dr Ichsan Ali dan Prof Dr Eko Hadi Sudjiono masing-masing meraih tiga dan satu suara.

Hamsu Gani menambahkan panitia pemilihan sementara dalam perjalanan ke Jakarta melaporkan hasil pemilihan rektor tahap pertama ke Menristek Dikti di Jakarta.

“Kami masih sementara perjalanan menuju Jakarta untuk melaporkan hasil pemilihan rektor UNM tahap pertama,” kata Direktur Program Pascasarjana UNM ini.(*)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *