Tekan Penyebaran Covid-19, Ini yang Dilakukan BEM Universitas Negeri Gorontalo

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, GORONTALO – Melihat wabah virus Corona belum berakhir, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) gelar Talkshow yang bertemakan “Efektifkah penganan Covid-19 di Gorontalo? “, kegiatan tersebut di selenggarakan di Indor UNG, Senin (31/05/2021).

Kegiatan di hadiri oleh 3 pemateri yakni, Kombes Pol. Sukendar Eka Ristyan Putra, Reyke Uloli, SKM., M. KES. (Dikes Provinsi Gorontalo), dan DR. Ivan Virnanda Amu, M.KES,. Sp.PD.(Akademisi UNG)

Sebelumnya kegiatan di buka oleh Wakil Rektor III yang di waikili oleh Direktur PKM, Selanjutnya di lanjutkan oleh pemateri pertama dari Dikes Provinsi Gorontalo. Reyke Uloli dirinya menjelaskan bagaimana peran pemerintah dalam menangani Covid-19 di Wilayah Provinsi Gorontalo.

“Covid ini nyata, jadi kita harus hati-hati dalam melakukan aktifitas. Untuk penanganan Covid 19 sudah sangat efektif. Hanya saja media sosial yang mengaburkan pandangan masyarakat tentang Covid, ” Terang Reyke.

Lanjut, Reyke menuturkan bahwa angka kematian akibat Covid Gorontalo mencapai 3.1%, sedangkan angka kematian nasional maupun internasional di bawah gorontalo, jadi Provinsi Gorontalo masih dalam peringkat tinggi.

Menyikapi hal itu, pemerintah telah berupaya menekan penyebaran Covid 19. Dengan Vaksinisasi bisa menekan laju penyebaran Covid. Namundi era Digital seperti banyak berita hoax yang menyebabkan masyarakat takut dan enggan ikut vaksin.

“Semoga Vaksinisasi tidak termakan dengan adanya berita Hoax dari media-media yang tidak bertanggung jawab,” Tuturnya

Di tempat yang sama DR. Ivan Virnanda Amu (akademisi UNG), dirinya merupakan Doketer spesialis dalam tentu sangat berkaitan dengan Covid 19.

“Beberapa penyakit yang sudah puluhan tahun namun kalah dengan Covd 19 yang baru 2 tahun sudah memakan banyak nyawa.” Ucap DR. Ivan yang juga merupakan Akademisi UNG.

Menurutnya Perlunya ada kesadaran di mata masayarakat, “kalian sebagai generasi muda (Mahasiswa) menjadi garda terdepan untuk mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.” Ucapnya di hadapan mahasiswa yang ikut dalam acara Talkshow.

Di pemareri terakhir Kombes Pol. Sukendar Eka Ristyan Putra menegaskan kunci Sukses dalam menerapkan Protokol Kesehatan yakni disiplin yang harus kita lakukan secara bersama-sama.

“Dimanapun tempatnya, disiplin menangani covid 19 harus di lakukan secara bersama-sama. Kita sebagai pihak kepolisian juga susah menangani masyarakat yang keras kepala. Yang kita butuhkan adalah kesadaran dan kedisiplinan mematuhi Protokol kesehatan, ” Terang Kombes Pol. Sukendar Eka Ristyan Putra.

Dirinya berharap, Mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini menjadi penyambung lidah kepada keluarga dan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan.

Beranjak ke kegiatan terakhir yang di isi dengan tanya Jawab dari 2 perwakilan Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo.(*)

Pemkot Makassar SC