banner dprd mkassar

Waspada! 3 Juni Mendatang Banjir Rob Diprediksi Hantam Warga Pesisir Laut di Indonesia

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, JAKARTA – Warga yang berlokasi di pesisir laut di Indonesia diminta waspada oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terhadap potensi terjadinya bencana banjir rob.

Bencana alam tersebut diduga akan terjadi akibat fenomena bulan purnama yang dibarengi dengan peristiwa jarak terdekat Bulan ke Bumi (perigee).

“Adanya fenomena fase Bulan Purnama (Full Moon) pada tanggal 3 Juni 2023 bersamaan dengan Perigee (Jarak terdekat bulan ke bumi) pada tanggal 6 Juni 2023 berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum,” kata BMKG dikutip dari CNNindonesia.

Sebanyak 20 wilayah pesisir di Indonesia diprediksikan oleh BMKG akan berpotensi mengalami banjir rob dampak dari kedua fenomena tersebut.

20 wilayah tersebut antara lain Pesisir Utara DKI Jakarta, Pesisir Aceh, Pesisir Sumatera Utara, Pesisir Sumatera Barat, Pesisir Lampung, Pesisir Kepulauan Riau, Pesisir Banten, Pesisir Bangka Belitung.

Pesisir Sulawesi Utara juga diprediksikan bakal terkena imbas banjir rob bersamaan dengan Pesisir Bali, Pesisir Nusa Tenggara Barat, Pesisir Nusa Tenggara Timur, Pesisir Kalimantan Barat, Pesisir Kalimantan Tengah, , Pesisir Maluku, Pesisir Maluku Utara dan Pesisir Papua Selatan.

BMKG sendiri menyebut setiap wilayah memiliki potensi bencana banjir rob dengan waktu yang berbeda, dari tanggal 1 Juni hingga 14 Juni.

“Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari Pasang Maksimum Air Laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG,” imbuh BMKG dikutip dari CNNindonesia.

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *