Meski PPKM Dicabut, Booster Tetap Menjadi Syarat Perjalanan

Pemprov-Sulsel-SC
PDAM MAKASSAR

SUARACELEBES.COM, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo resmi mencabut Permberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM di Indonesia pada Jumat 30 Desember 2022 lalu.

“Pemerintah memutuskan untuk mencabut PPKM yang tertuang dalam Instruksi Mendagri Nomor 50 dan 51 Tahun 2022, jadi tidak ada lagi pembatasan kerumunan dan pergerakan masyarakat,” kata Jokowi di Istana Negara.

Lantas apakah dengan pencabutan PPKM tersebut akan melonggarkan syarat bagi pelaku perjalanan, baik dalam negeri maupun yang bepergian ke luar negeri.

Ternyata tidak, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan booster tetap menjadi syarat perjalanan, dalam maupun luar negeri.

Dilansir dari CNNindonesia, Wiku menyebut ketentuan itu tetap berlaku meski PPKM telah dicabut, sebagaimana tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 53/2022.

“Sekarang hanya pencabutan PPKM dan digantikan dengan Inmendagri Nomor 53/2022. Peraturan lainnya masih tetap berlaku,” kata Wiku dikutip dari CNNindonesia.

Pemerintah pun dinyatakan tetap mendorong implementasi penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk memasuki/menggunakan fasilitas publik, termasuk bagi pelaku perjalanan dalam negeri yang menggunakan transportasi umum.

Sementara itu, Kabid Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Alexander K. Ginting mengungkapkan aturan perjalanan masih mengacu pada beleid yang lama.

Meski begitu, namun Alex berkata peraturan itu tak menutup kemungkinan akan dilakukan penyesuaian. Hal tersebut mengacu pada situasi di lapangan yang dinamis.

“Belum dicabut, tapi pasti ada penyesuaian sesuai dinamika di lapangan,” ujar Alex dikutip dari CNNIndonesia.com.

 

Pangkep SC