banner dprd mkassar

Pj Gubernur Bahtiar Berkunjunģ di Desa Palambarae Bulumba, Warga : Baru Kali Ini Ada Gubernur Datang ke Kampung Kami

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR  –  Saat Pj Gubernur Sulawesi-Selatan Dr.Bahtiar Baharuddin sedang mencicipi suguhan ubi rebus dari warga Desa Palambarae Dusun Paoajawae Kecamatan Gantarang Bulukumba Sulawesi Selatan, terlihat sekelompok ibu paruh bayah bergerombol. Jaraknya hanya sekitar 10 meter dan berpakaian serba hitam. Maklum baru saja warga Bulukumba sedang merayakan HUT ke 64 Kabupaten yang berjuluk Bumi Panrita Bola tersebut.

“Alhamdulillah. Baru kali ini seorang gubernur datang ke kampung kami. Padahal di ujung sana sudah jalan buntu” ujar Irma Nasruni yang mengawali kekagumannya kepada Bahtiar Baharuddin. Saya yang berdiri tak cukup dari tempat mereka tentu mendengar sangat jelas atas apa yang mereka perbincangkan.

Di Dusun Paojawae Bahtiar, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf dan perangkat OPD se Sulsel melakukan kunjungan kerja Minggu 4 Februari 2024. Selain bersama warga melakukan penanaman sukun Bahtiar juga melakukan insemenasi hewan ternak. Memang pada umumnya warga di desa tersebut hidup melalui ternak dan pertanian.

“Ada kelompoknya di sini pak” kata Irma. Namun sayang lanjut Irma yang ditimpali oleh rekan rekannya bahwa sudah lama mereka tak menikmati air bersih. Bahkan jika kemarau tiba mereka harus berjalan kaki hingga tiga kilo untuk mendapatkan air bersih. “Biasa juga kami membeli air. Kebetulan ada yang menjual dan mengantar masuk ke desa kami” ucapnya.

Kedatangan Bahtiar ke daerahnya rupanya menjadi berkah bagi Irma dan seisi kampung. Pasalnya saat mereka berfoto bersama banyak diantara mereka yang menyampaikan keluhan langsungnya atas ketidaksediaan air bersih di lingkungan mereka.

“kalau bisa kami mendapatkan satu pompa mesin air Pak Gub” kata seorang warga sambil memegang tangan Bahtiar. Mendengar keluhan warga tersebut Bahtiar memanggil Kadis Pertanian Sulsel Imran Jausi. “Saya siapkan dua pompa air Pak Gub. Segera kami akan lakukan kordinasi dan menempatkan pompa air di sini” lapor Imran kepada Gubernur yang disambut meriah tepuk tangan oleh warga. “jenis sumur bor. Kedalamannya sekitar 70 meter” kata Imran.

Sementara itu Nuraeni seorang warga lainnya masih tak percaya jika seorang gubernur datang menyapa warga dan langsung memberika bantuan. “saya terharu pak” sela Nuraeni sambil matanya berkaca kaca melihat Bahtiar yang sedang berbincang dengan warga lainnya. Dia mengaku mendapatkan informasi pada sehari sebelumnya bahwa Gubernur Sulsel akan berkunjung ke kampung mereka. Maka dari itulah warga Pajoawae berkemas sejak pagi. Mereka membersihkan jalan dan pekarangan rumahnya. Bukan apanya seorang gubernur akan bertandang ke kempung mereka.

‘”orangnya baik sekali pak. Dia yang datang menyapa kami. Kelihatannya tulus dan baik hati sekali” imbuh Nuraeni yang tiada henti hentinya menyaksikan gerak gerik Pj Bahtiar.

“semangat sekali datang gubernur ke sini. Pertamakali dan kami langsung dirangkul. Alhamdulillah” sela Irma sambil sesekali mengusap wajahnya.

Sebenarnya kata mereka tak banyak yang mereka harap atas kedatangan seorang pejabat di daerahnya. Cara Bahtiar menyapa dan merangkul warga merupakan sesuatu yang sangat berarti bagi Irma dkk di Desa Palambarae. “Apalagi sudah akan dipasanag sumur bor. Sesuatu hal yang sangat tak disangka”tandasnya. (*)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *