banner dprd mkassar

Tim Forum Kota Sehat Makassar Sambangi Perumda Pasar Karya, Noer Bachry Noor: Kita Lakukan Asistensi dan Pembinaan

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Tim Forum Kota Sehat Kota Makassar lakukan kunjungan ke Kantor Perumda Pasar Makassar Raya (Karya). Dalam kunjungan tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Forum Kota Sehat Makassar, Prof. Dr. Noer Bachry Noor dimana dalam kunjungannya dikatakan pihaknya ingin melakukan asistensi dan pembinaan di lingkup Perumda Pasar terutama di kawasan Pasar Tradisionalnya.

“Kami dari Forum Kota Sehat memang sengaja mengunjungi beberapa SKPD dan Kecamatan. Termasuk Perumda Pasar, bukan bermaksud menilai tapi untuk melakukan koordinasi terkait penerapan lingkungan yang sehat. Karena sebenarnya ini adalah persoalan kemauan saja dan kepedulian. Nah penilaian kami antara Black and White sesuai standar Provinsi dan Pusat. Kalau bagus nilainya 100 kalau tidak berarti Nol,” Ujarnya usai melakukan pertemuan. Selasa (06/12/2022).

Salah satu contoh pembinaan yang akan dilakukan adalah ruang kesehatan, ruang terbuka hijau dan sanitasi.

“Jadi kehadiran kami di Perumda Pasar. Sebenarnya ada banyak point-point yang harus diperhatikan, yakni ruang terbuka hijau, ruang kesehatan, drinase yang baik dan lancar, kenyamanan, sirkulasi udara dan pencahayaan. Jadi ada sekitar 342 indikator. Tapi intinya adalah penerapan sanitasi dasar, pelayanan kesehatan dan social dan prasarana penunjang yang jadi perhatian kita.” Tambahnya.

Lebih lanjut Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat UNHAS ini menjelaskan, kedatangan Tim ini lebih pada melakukan asistensi ke Perumda Pasar apa yang bisa dibenahi.

“Jadi kedatangan kami tujuannya untuk melakukan asistensi terutama melakukan pembinaan jika ada yang perlu dibenahi. Tapi yang paling penting sebenarnya adalah kerjasama dengan pihak lain. Misal kerjasama dengan Dinas Kesehatan atau puskesmas, kerjasama dengan instansi terkait untuk menjalankan apa yang bisa dibenahi dalam pasar.” Ujarnya.

Sementara Direktur Utama Perumda Pasar Karya, Ichsan Abduh Hussein mengatakan sangat bersyukur dapat dikunjungi oleh Tim Forum Kota Sehat. Sehingga pihaknya juga bisa mengambil langkah-langkah antisipasi untuk meningkatan kualitas lingkungan fisik dan sosial dilingkup Pasar.

“Kami sangat bersyukur atas kunjungan ini. Dan kami bersyukur bisa mendapat masukan terkait langkah-langkah apa yang harus kita persiapkan untuk peningkatan kualitas dan kapasitas lingkungan kita di pasar-pasar. Paling tidak kita sudah tau apa yang harus dilakukan.” Terangnya.

Menurutnya, upaya tersebut tentu bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, namun menjadi tanggung jawab semua pihak. Perlu kerjasama dengan semua pihak terutama dikalangan sendiri dan para pedagang.

“Tentu ini semua adalah tanggungjawab kita bersama dan untuk mengatasi permasalahan yang ada tentunya tidak mudah. Memang bukan hanya milik pemerintah tapi dari kesadaran kita semua. Tapi yang perlu diketahui, hal ini selaras dengan konsep semua Direksi yang ada sekarang. Dan kita sudah mulai dari penerapan Kawasan Tanpa Rokok kemarin di kantor pusat Perumda Pasar.” Ujarnya.

Harapannya dengan kehadiran Tim tersebut dapat membawa perubahan yang positif bagi semua kalangan. Dan untuk awal ditunjuk Pasar Panakkukang sebagai percontohan.

“Kami tentu berharap apa yang disampaikan dari Tim Forum Kota Sehat tadi dapat membawa perubahan bagi kita semua terutama terselenggaranya upaya peningkatan lingkungan fisik, sosial dan budaya, serta perilaku yang sehat di lingkungan kita. Dan kami coba tunjuk Pasar Panakkukang sebagai percontohan.” Pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, keberadaan Forum Kota Sehat konsepnya tidak hanya memfokuskan kepada pelayanan kesehatan tapi yang lebih ditekankan adalah suatu pendekatan kondisi sehat lingkungan dan masyarakatnya. lebih mengutamakan pendekatan proses daripada target dan tidak memiliki batas waktu yang diinginkan serta sasarannya adalah tercapainya tujuan sesuai harapan masyarakat.

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *