Dinas Tanaman Pangan Sulteng Gelar Rapat Koordinasi UPJA

Pemkot Makassar SC
BAPENDA Makassar SC

SUARACELEBES.COM, PALU – Salah satu pengembangan dan pemanfaatan Alsintan di lapangan dilakukan melalui pendekatan Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA). Untuk itu Dinas Tanaman Pangan Propinsi Sulawesi Tengah, Rabu (06/09/2017) mengelar pertemuan Usaha Pelayanan Jasa Alsintan, Kota Palu.

Pertemuan tersebut digelar untuk meningkatkan koordinasi, komunikasi antara petugas dan kelompok UPJA, meningkatkan koordinasi, komunikasi dan motivasi antara anggota kelompok UPJA, serta untuk meningkatkan kelas UPJA dan Membentuk Asosiasi UPJA.

Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Toli Toli, Rustan Rewa yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan Keberadaan UPJA di daerah sentra produksi akan menjadi solusi dalam mengatasi kebutuhan Alsintan bagi petani untuk mengolah lahan pertanian, pengairan, panen dan pascapanen sekaligus juga menjadi solusi dalam mengatasi kelangkaan tenaga kerja perdesaan.

“Usaha Pelayanan Jasa Alsintan ini juga untuk pergerakan ekonomi masyarakat dengan menggunakan Alsintan,”kata Rustam.

Untuk UPJA sendiri untuk di Kabupaten Toli – Toli sementara diterapkan. “Untuk di Toli – Toli sementara diterapkan dan masih dalam pembenahan,”tutup Rustan.

Pertemuan tersebut juga turut dihadiri oleh Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan Dirjen Tanamana Pangan serta Direktorat Alsintan Dirjen PSP.(*)

Badan Intelijen Negara
Pangkep SC