banner dprd mkassar
DUNIA  

JK : Kolaborasi Lembaga Perdamaian Dunia Mempermudah Penyelesaian Konflik

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, Helsinki – Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla yang juga tokoh perdamaian, menjajaki kerjasama dengan sejumlah lembaga yang bergerak dalam penyelesaian konflik dan perdamaian di dunia. Kolaborasi dibutuhkan agar penyelesaian konflik di sejumlah negara bisa segera diakhiri.

Jusuf Kalla bersama Mantan Juru Runding GAM Malik Mahmud dan Ketua Tim Perundingan RI Hamid Awaludin, berada di Helsinki dalam rangka menghadiri pemakamanan Mantan Presiden Finlandia Martti Ahtisaari yang merupakan mediator perundingan RI-GAM tahun 2005 lalu, yang akan dilaksanakan hari jumat 10 November 2023.

Disela-sela kegiatan tersebut, JK bersama rombongan melakukan pertemuan dengan pimpinan CMI (Crisis Management Initiatif) Martti Ahsaari Peace Foundation, Kamis (9/11/2023) siang waktu Helsinki.

Dalam suasana kekeluargaan, Jusuf Kalla bersama Malik Mahmud dan Hamid Awaludin, menceritaan pengalamannya awal mula bisa berkenalan dengan Almarhum Martti Ahtisaari hingga lanjut menjadi mediator perundingan damai RI – GAM di Helsinki.

Kepada Dr. Jane Taalas yang saat ini menjadi CEO CMI Martti Ahtisaari Peace Foundation, JK menyampaikan berkat sentuhan almarhum, sehingga jalannya perundingan damai yang berlangsung dalam 5 putaran, bisa berjalan lancar.

Kepada Dr. Jane Taalas selaku CEO CMI, Jusuf Kalla menyampaikan pentingnya kolaborasi dengan sejumlah lembaga perdamaian di dunia untuk bersama-sama menyelesaikan konflik ataupun perang yang saat ini terjadi, khususnya perang antara Israel dengan Hamas di wilayah Gaza, Palestina.

Kolaborasi dibutuhkan apabila masing-masing lembaga perdamain memiliki personal kontak dengan pihak yang berkonflik. Hal ini lebih memudahkan untuk mengajak mereka menyelesaikan masalahnya di meja perundingan dengan hasil akhir terciptanya perdamaian yang abadi.

Selain konflik di Timur Tengah yang menjadi perhatian JK bersama CMI Martti Ahtisaari Peace Foundation, konflik di wilayah Asia Tenggara menjadi perhatian utama. Seperti konflik disemenanjung Thailand Selatan antara Kelompok Muslim Pattani dengan Pemerintah Thailand dan konflik di Rohingya antara kelompok Muslim Rakhine dengan Pemerintah Myanmar.

Setelah pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam tersebut, JK bersama Malik Mahmud dan Hamid Awaludin, diminta memberikan testimoni tentang mendiang almarhum Presiden Martti Ahtisaari kepada tim media CMI.

JK bersama rombongan juga diberi kesempatan untuk melakukan napak tilas di Koningstad yaitu lokasi perundingan RI – GAM, 28 Januari – 15 Agustus 2005.

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *