Perusda Akan Berubah Menjadi Perseroan Daerah

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR -Gubernur Sulsel diwakili Sekretaris Provinsi, Dr Abdul Hayat Gani memberikan penjelasan atas pengajuan Ranperda tentang perubahan bentuk hukum perusahaan daerah (Perusda) Sulsel menjadi Perseroan Daerah sesuai amanah Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah.

“Kelembagaan Perusda Sulsel tidak lagi sesuai dengan perkembangan dunia usaha dan inovasi serta terobosan yang dilakukan saat ini. Oleh karenanya selain menjalankan amanah regulasi, juga karena ‘lompatan’ kinerja direksi saat ini sudah semakin pesat, sehingga kelembagaannya perlu untuk segera dilakukan perubahan,” tegas Hayat Gani, didepan Rapat Paripurna DPRD Sulsel, Senin, (9/12/2019).

Menurut Hayat Gani, dalam peraturan pemerintah yang mengatur tentang keberadaan BUMD, cuma ada dua pilihan dalam membentuk Badan Usaha pemerintah daerah yakni berbentuk Perumda dan Perseroda. Setelah berdiskusi dengan berbagai pihak dan stakeholder, maka disepakati untuk dilakukan perubahan kelembagaan menjadi Perseroda.

“Kelembagaan Perseroda lebih luas dan lebih luas ruang gerak dalam pengembangan bisnis dan unit usaha serta lebih profesional,” tegas Hayat Gani.

PLT Direktur Utama Perusda Sulsel, Taufik Fachrudin menegaskan, pihaknya sangat berharap perubahan kelembagaan dari Perusda menjadi Perseroda secepatnya dilakukan pembahasan dan persetujuan dari anggota dewan yang terhormat, sehingga kami segera menindaklanjuti untuk pendirian nama perseroan daerah tersebut,”Insya Allah atas dukungan dan persetujuan dari para anggota dewan yang terhormat, kami akan segera ‘berlari’ dan membawa perusahaan daerah Pemprov Sulsel maju dan berkembang sesuai harapan seluruh stakeholder, khususnya masyarakat Sulsel,” harap Taufik Fachrudin.(*)

Andi Muhammad Fadli