Demo KKMB Tuntut Pelayanan Kesehatan Diwarnai Keributan

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, BULUKUMBA Puluhan mahasiswa yang mewakili kerukunan keluarga mahasiswa Bulukumba (KKMB) dan pemuda Kecamatan Herlang kembali melakukan unjuk rasa di depan kantor bupati Bulukumba di Jl. Jendral Sudirman, Kamis (09/05/2019)

Dalam aksinya mereka membentangkan spanduk dan membakar ban di tengah jalan sebagai bentuk kekecewaannya terhadap Bupati Bulukumba yang sampai hari ini tak menjawabkan tuntutan kerukunan keluarga mahasiswa Bulukumba (KKMB) dan pemuda Herlang terkait pelayanan Kesehatan di Bulukumba.

Aksi ini sempat diwarnai keributan saat Satpol PP berusaha membubarkan aksi. Bahkan Satpol PP sempat melakukan pemukulan dan mengancan massa aksi dengan benda tajam.

Mereka menilai pelayanan kesehatan cenderung terlihat biasa-biasa saja tanpa ada usaha untuk peningkatan, terutama di Puskesmas Tanuntung Kecamatan Herlang. Dimana seorang warga harus meregang nyawa akibat dari pelayanan yang kurang bahkan tidak prima.

Selain itu penempatan SDM Perawat dan Bidan yang tidak memenuhi syarat untuk melakukan pelayanan medis karena tidak dibekali dengan STR (Surat Tanda Registrasi) Tenaga Kesehatan.

Mereka meminta copot Kadis Kesehatan Kab Bulukumba karena lalai dalam memimpin, mengawal serta mengawasi segala bentuk pelayanan kesehatan di Kab Bulukumba

“Kami mendesak pemerintah Kabupaten Bulukumba dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba untuk segera menindak lanjuti dan menuntaskan kasus pelayanan kesehatan dan pelanggaran yang dilakukan PKM Tanuntung Kecamatan Herlang,” kata Jenderal Lapanga Suryadi.(*)

Andi Muhammad Fadli