Adakan Rapat Pokja, BAPPPEDA Pemprov Gorontalo Soroti Program Perhutanan Sosial

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, GORONTALO –  Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, (BAPPPEDA) Melakukan rapat pokja, monitaring dan evaluasi pelaksanaan perhutanan sosial. Rapat yang diselenggarakan di kantor BAPPPEDA Provinsi Gorontalo itu dibuka resmi oleh Kepala BAPPPDA Budiyanto Sidiki. Selasa (08/06/2021)

Dalam rapat Pokja Percepatan Perhutanan Sosial, Budiyanto Sidiki, dalam sambutanyannya menyebutkan bahwa Provinsi Gorontalo sedang mengalami deforestasi luar biasa, yang sampai saat ini belum ditemukan cara untuk mengendalikan kerurakan hutan.

Melalui konsep perhutanan sosial ini, masyarakat diberikan akses dalam mengelolah hutan, tetapi dengan tujuan agar hutan lestari dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Budiayanto Sidiki mentakan setelah mereka membedah secara mendalam program ini, mereka menemukan satu optimisme yang bisa mercepatan penurunan angaka kemsikinan melalui upaya tersebut.

“Jadi, begitu kita membedah secara mendalam program ini, lewat upaya tersebut kita menemukan satu optimisme yang bisa mercepatan penurunan angka kemsikinan,” kata Budiyanto.

Akan tetapi Dia juga mengkhawatirkan bila program ini tidak didesain dan dikawal dengan baik, maka program ideal tersebut bakal menjadi malapetaka. Sebab akan disalah gunakan oleh oknum tertentu untuk mengeksploitasi hutan.

Budiayanto berharap lewat Rapat Pokja ini mereka dapat gambaran yang jelas mengenai program tersebut

“Oleh sebab melalui rapat Pokja ini kita semua bisa mendapatkan gambaran yang utuh, agar program ini bisa ditetapkan menjadi program prioritas RPJMD.” tutur Budiyanto. (Ajn. Gumohung)

Pemkot Makassar SC