PMI mengerahkan 1 unit Hagglund ke Sumedang untuk bantu Evakuasi

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES, JAKARTA – PMI Pusat hari ini (minggu, 10/01/2020) memberangkat 1 unit Hagglund ke lokasi banjir bandang dan tanah longsor di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, yang terjadi sabtu 09/01/2020 malam.

Kendaraan Hagglund tsb diberangkatkan dari pangkalannya di Cileungsi Kab. Bogor menuju kab. Sumedang, untuk membantu Tim SAR gabungan yang saat ini masih mencari sekitar 30 orang yang dinyatakan masih hilang dan diduga tertimbun di tanah longsor.

Pasca kejadian tanah longsor di Cihanjuang Kab. Sumedang Jabar, Relawan PMI Kab. Sumedang sudah berada dilokasi kejadian bersama personel lainnya dari BPBD, Basarnas, TNI dan Polri, untuk mencari korban yang diduga tertimbun longsor.

Ketua Umum PMI Pusat Jusuf Kalla, memerintahkan jajaran PMI Jabar untuk membantu PMI Sumedang, mengirim relawan Satgana PMI serta logistik yang dibutuhkan korban tanah longsor. “Sore ini saya minta kepada Divisi Sarana dan Prasarana Markas Pusat PMI untuk mengerahkan 1 unit Hagglund ke lokasi tanah longsor Cihanjuang” ujar JK.

Kendaraan Hagglund yang diberangkatkan ke Cihanjuang Kab. Sumedang ini, telah beberapa kali diterjunkan ke lokasi bencana banjir bandang dan tanah longsor diberbagai daerah pada tahun 2020 lalu, diantaranya Banjir Bandang Cicurug Kabupaten Sukabumi, Cijeruk Kabupaten Bogor dan Masamba Kabupaten Luwu Utara Sulsel.

Markas Pusat PMI saat ini mengirimkan team assesment untuk membantu PMI Sumedang menghitung kebutuhan para pengungsi, khususnya Family Kit, Hiegine Kit dan Baby Kit. Barang kebutuhan pengungsi tersebut akan diambil dari Gudang Regional PMI yang ada di Kabupaten Serang, Banten.

Selain menurunkan relawan dan Kendaraan Hagglund untk membantu proses pencarian dan evakuasi korban tanah longsor di Cihanjuang Kabupaten Sumedang, PMI juga menurunkan team psikososial untuk membantu korban dari trauma akibat bencana. Relawan PMI juga melakukan pelayanan Restoring Family Link (RFL) membantu keluarga korban untuk mencari anggota keluarganya yang hilang. (*)

Andi Muhammad Fadli