Pembicara di Kementerian LHK, Syaharuddin Alrif : Tanam Porang,  Hutan Bisa Menghasilkan Dollar Tanpa Merusak Pohon

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Wakil Ketua DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif sukses mengembangkan tanaman porang di Kabupaten Sidrap, kini ia tampil diberbagai tempat sebagai pembicara berbagi pengalaman tentang Porang. Sukses dalam budidaya tanaman porang politisi NasDem itu pun kini dijuluki “Bapak Porang Sulsel”

Sejak dikenal sebagai perani Porang,  Syaharuddin Alrif mengatakan dari gunung ke dataran rendah sampai ke hotel di kota banyak undangan untuk memberi ilmu budidaya Porang di seluruh indonesia.

Kamis 11 Februari, Syaharuddin Alrif diundang Ditjen Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) menjadi narasumber Peluang Pasar Komoditi dan Produk Hasil Hutan di Hotel Sheraton.

“Hari ini saya diundang Ditjen PHPL Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Menjadi narasumber Peluang Pasar Komoditi dan Produk Hasil Hutan bukan kayu dihadiri peserta seluruh indonesia,” kata Syahar.

Syahar mengungkapkan Inti yang disampaikan bahwa hutan dapat menjadi nilai ekonomi tanpa merusak pohon yakni dengan menanam porang

“Jadi intinya saya bilang hutan kita bisa rubah menghasilkan dollar tanpa Merusak Pohon pohonnya,” ucap Syahar.

Syaharuddin Alrif saat ini telah mengelola 50 hektar lahan bersama kelompok tani semangat milenial Sidrap. Syahar juga kini telah banyak
memfasilitasi masyarakat Sulsel untuk memulai menanam porang.

Syahar dalam setiap kesempatan mengungkapkan dalam bertani porang harus memiliki semangat kerja yang harus total agar hasilnya juga luar biasa.

“Saya ini bukan sarjana pertanian, namun memang saya lahir dan besar dari keluarga petani. Di perkebunan porang Sidrap juga telah banyak memfasilitasi petani yang ingin bertani porang, mulai dari penyediaan bibit bahkan sampai penjualan hasil porang kami akan fasilitasi, tentu kerja seperti ini dibutuhkan konsistensi dan semangat kerja agar hasilnya mengembirakan. Jangan malu jadi petani,” ucap Sekretaris DPW NasDem Sulsel itu.(*)

PEMKOT-Makassar