Dosen UNM Latih Pemuda Desa Mirring Polman Sulbar Menyablon Baju

Pemprov-Sulsel Pemprov-Sulsel

SUARACELEBES.COM, POLMAN – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dengan melakukan pelatihan cetak sablon.

Pelatihan ini dilakukan kepada pemuda Desa Mirring, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat yang tegabung dalam organisasi pemuda Generasi Muda Mirring Bersatu (GEMA MINBAR).

Pelatihan yang dilaksanakan beberapa hari lalu di Kantor Desa Mirring Kabupaten Polman, Sulbar ini dimulai dari Sabtu-Minggu (2-3 September 2023).

Pelaksanaan program kemitraan ini dilakukan oleh para dosen yang terdiri dari Dr. Tangsi, M.Sn sebagai ketua pengabdi yang didampingi oleh M. Muhlis Lugis, S.Pd., M.Sn dan Dian Cahyadi, S.Sn. M.Ds. sebagai anggota pengabdi.

Peserta yang mengikuti pelatihan ini terdiri dari 15 orang pemuda anggota GEMA MINBAR yang terdiri dari laki-laki dan perempuan.

Program pelatihan ini bertujuan untuk memberikan kompetensi keterampilan kepada para pemuda desa Mirring untuk memiliki kesiapan terjun di dunia kerja, sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran pemuda desa.

Dengan Kompetensi keterampilan yang diberikan diharapkan dapat menumbuhkan semangat wirausaha para pemuda.

Dr. Tangsi, M.Sn sebagai Ketua Pengabdi menyampaikan bahwa pelatihan ini diharapkan mampu mendorong semangat para pemuda Desa Mirring untuk dapat melakukan kegiatan positif yang dapat memberikan manfaat untuk masa depannya, terutama dalam hal membuka peluang kerja.

“Selain itu, dengan modal keterampilan anggota yang dimiliki, GEMA MINBAR dapat membuat unit produksi sablon yang dapat menjadi sumber pemasukan untuk mendukung program-program kegiatan sosialnya,” tuturnya.

Adnan sebagai Ketua GEMA MINBAR menyampaikan bahwa dengan adanya pelatihan ini, kami sangat berterima kasih kepada Universitas Negeri Makassar karena dapat menjadi penyemangat teman-teman untuk terus mengembangkan kemampuannya.

“Selama ini, yang belum pernah kami dapatkan yaitu belajar menyablon sehingga dengan adanya pelatihan ini kami sudah tahu cara menyablon baju kaos untuk kegiatan-kegiatan yang kita laksanakan,” pungkasnya.

Diharapkan melalui pelatihan ini para pemuda Desa Mirring yang tergabung dalam GEMA MINBAR dapat mengembangkan kemampuannya sehingga dapat terus melakukan praktek-praktek menyablon yang kreatif dan inovatif sehingga akhirnya akan menjadi wirausahawan yang sukses.

Bapenda-makassar
Banner-nasdem
capil-makassar