banner dprd mkassar
DAERAH  

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) LP2M UNM gelar Peluang Kewirausahaan dan Meningkatkan Keterampilan Siswa

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAJENE – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNM melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan di SMKN 5 Majene pada tanggal 10-11 Mei 2024, dengan peserta pelatihan adalah guru/siswa di SMKN Negeri 5 Majene sebagai sasaran Mitra dalam kegiatan ini.

“Peluang Kewirausahaan dengan Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Bidang Pemetaan di SMK Negeri 5 Majene” merupakan sebuah inisiatif pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk memberdayakan siswa SMK dalam aspek keterampilan pemetaan yang relevan dengan dunia kewirausahaan, dengan memperkenalkan mereka pada teknik pemetaan dan penerapannya dalam berbagai bidang industri.

Bagi pengabdi dalam hal ini dosen memperoleh pengalaman langsung dalam berkontribusi untuk pengembangan keterampilan kewirausahaan siswa.

Melalui interaksi dengan siswa dan komunitas sekolah, maka pengabdi dapat memperluas jaringan dan menciptakan hubungan yang bermanfaat untuk kemungkinan kolaborasi di masa depan.
Pelatihan dilaksanakan dengan menyampaikan materi yang mencakup dasar-dasar pemetaan, penggunaan perangkat lunak pemetaan seperti GIS (Geographic Information System), serta pengenalan aplikasi pemetaan dalam industri seperti pertanian, perencanaan kota, dan manajemen lingkungan. Para siswa sangat berantusias dalam pada saat sesi praktikum yang melibatkan survei lapangan dan pengolahan data untuk menghasilkan peta yang informatif.

Menurut Ramli Rasyid, hasil yang diperoleh setelah pelatihan termasuk peningkatan keterampilan teknis siswa dalam pemetaan dan pemahaman yang lebih baik tentang potensi aplikasi pemetaan dalam dunia industri.

Siswa telah mampu menghasilkan peta yang lebih akurat dan informatif untuk mendukung kegiatan kewirausahaan di masa depan. Selain itu, program ini juga dapat minat siswa dalam bidang teknologi geospasial dan membuka peluang baru bagi mereka dalam mengembangkan usaha atau karier di sektor terkait.(*)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *