banner dprd mkassar

Belajar Langsung di Alam, SMP Islam Athirah Makassar Gelar Field Trip Sains di PPLH Putondo

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Siswa kelas VII Sekolah Islam Athirah Makassar telah melaksanakan Field trip sains di Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Puntondo, tepatnya di Dusun Puntondo, Desa Laikang Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar, Sabtu (09/09/2023).

Dalam sambutannya, Kepala SMP Islam Athirah Makassar Nilamartini, S,Pd.,M.M, menyampaikan bahwa apa yang siswa dapatkan di PPLH Puntondo ini tidak didapatkan di kelas.

Belajar langsung di PPLH Puntondo ini, siswa dapat melihat berbagai biota laut yang indah, seperti ikan karang, lamun, tumbuhan mangrove, dan yang lainnya.

“Banyak ilmu yang kalian dapatkan di PPLH Puntondo, seperti keindahan bawah laut yang dapat dilihat dengan kegiatan snorkeling. Mensyukuri segala ciptaan Allah dengan turut menjaga alam dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar adalah suatu anugrah sebagai bentuk rasa syukur,” pesannya.

Dalam kegiatan ini siswa dibagi menjadi 8 kelompok. Setiap kelompok harus mengamati dan memperhatikan apa yang disampaikan oleh Panitia PPLH Puntondo.

Baik itu ekosistem Mangrove, ekosistem lamun, Snorkeling dengan berbagai macam keindahan di terumbu karang dan juga mengamati pembuatan souvenir dari berbagai bahan-bahan yang ada di sekitar pantai.

Kegiatan tahun ini juga terintegrasi dengan Projek Penguatan Profi Pelajar Pancasila yang sering disebut dengan P5,yang nantiya siswa akan mempersentasikan apa yang dilihat dan diamati selama berada di PPLH Puntondo.

Ketua Panitia sekaligus Guru IPA Rini Budiarti, M.Pd.,menyampaikan kegiatan ini adalah agenda rutin SMP Islam Athirah, khusus kelas 7 yang sudah berlangsung kurang lebih sepuluh tahun.

Adapun kegiatan field trip tahun ini terintegrasi dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Dimana P5 ini sudah berjalan selama dua tahun, jadi ini adalah tahun kedua field trip sains terintegrasi dengan P5 dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan dengan subtema Love Plants.

”PPLH Puntondo dipilih sebagai tempat untuk kegiatan field trip dan P5 kali ini, karena di sana siswa bisa diajarkan mengenai tiga macam ekosistem, yaitu ekosistem mangrove, padang lamun dan tumbuh karang. Untuk kegiatan P5 siswa diajarkan menanam mangrove dan langsung mempraktikkannya yang senada dengan subtemanya love Plants (Mencintai Tanaman),” ujarnya.

Salah seorang Panitia PPLH Puntondo menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bagus karena banyak pelajaran yang bisa diambil dari apa yang mereka lihat dan saksikan. Apakah itu dari tumbuhan maupun jenis-jenis hewan laut yang belum pernah sama sekali mereka lihat.

“Dari sinilah kita lihat ternyata banyak tumbuhan dan hewan laut yang beraneka ragam bahkan ribuan sampai jutaan jenis hewan yang ada di dalam laut. Harapan saya semoga siswa dapat banyak mengambil ilmu dan menjaga alam sekitar agar tercipta selalu keindahan yang dianugerahkan tuhan kepada manusia,” ungkapnya.

Lintar Fathir Qawiyyun dari kelas 7 Al-Haitsam menyampaikan kesannya belajar di PPLH Puntondo merasa senang karena bisa berkunjung dan belajar di tempat ini.

“Ini pertama kali belajar di Puntondo. Senang bisa melihat hewan-hewan laut seperti bintang laut, bulu babi, teripang dan yang lainnya. Tanaman mangrove dan lamun pun baru melihat di PPLH Puntondo. Senang bisa berkunjung ke tempat belajar di sini yang asri, indah, dan pantai yang berpasir putih,” tuturnya

Laporan : Hisbullah,S.Pd.

Editor : Hasniwati Ajis (TIM WEB SMP Islam Athirah Makassar)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *