Tokoh Awangpone Sambut Hangat Gagasan IAS Sulsel Wajib Punya Pabrik Pupuk

Pemprov-Sulsel-SC
PDAM MAKASSAR

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Kandidat bakal calon gubernur Sulsel 2024, Dr Ilham Arief Sirajuddin (IAS) kembali menegaskan harapannya mendirikan pabrik pupuk di Sulsel jika dipercaya menjadi gubernur.

Wali kota Makassar 2004-2014 itu menjelaskan sejumlah alasan mengapa Sulsel layak punya pabrik pupuk di hadapan tokoh masyarakat Kec Awangpone ,di Desa Bulumparee, Bone, Ahad 15 Januari 2023.

“Sulsel saat ini sudah ditetapkan sebagai penyangga pangan nasional. Khususnya beras dan sejumlah hasil pertanian lainnya. Kebijakan pusat itu, seharusnya dibarengi dengan keberpihakan yang nyata,” kata peraih Bintang Mahaputera Adiprana 2012 ini. Penghargaan tertinggi negara bagi warga yang berdedikasi.

Salah satu caranya, segala yang berpotensi mengganggu status Sulsel sebagai penyangga bahan nasional ini diupayakan jalan keluar yang permanen. Misalnya soal kelangkaan pupuk.

Solusi jangka panjangnya, Pemprov Sulsel harus bisa menggagas hadirnya pabrik pupuk di Sulsel. Ini dia sebut tidak mustahil.

“Masa Sumatera, Jawa, Kalimantan, punya pabrik pupuk. Sulawesi satu pun tidak punya? Padahal Sulsel penyangga pangan nasional?”, kata IAS.

Pabrik pupuk sangat ideal berada di Sulsel bukan semata karena mayoritas masyarakatnya adalah petani. Tapi karena Sulsel memang punya sumber gas alam sendiri di Sengkang.

“Pabrik pupuk itukan bahan bakarnya gas alam. Sulsel ini punya itu. Kita punya gas alam di Sengkang. Dan saya yakin gas Sengkang itu sangat layak didorong demi kemaslahatan masyarakat Sulsel lewat pabrik pupuk,” ujar mantan Ketua Golkar Sulsel itu.

IAS yang dikenal dengan julukan ‘Gubernurku’ bersilaturahmi di kediaman Kepala Desa Bulumparee, H Muin. IAS ditemani pengusaha burung walet, Andi Bahtiar. Selain itu, turut hadir kepala desa Carebbu, Akri Sandi.

H Muin menyambut hangat keinginan IAS mendirikan pabrik pupuk berbahan baku gas alam di Sulsel. “Saya juga yakin bahwa itu salah satu solusi tepat untuk mengatasi kellangkaan pupuk yang banyak menyulitkan petani,. Semoga itu bisa terwujud,” ujarnya. (*)

Pangkep SC