banner dprd mkassar

Diberikan Amanah Pimpin Menwa Bulukumba, Ahmad Syawal Berikan Apresiasi ke Danmenwa Sulsel

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, BULUKUMBA – Komandan Komando Resimen Mahasiswa (Danmenwa) Sub Kabupaten Bulukumba H. A. Ahmad Syawal, SH, M.Pd, telah resmi dilantik untuk masa bakti 2023-2026 yang bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba, Sabtu (13/05/2023).

Pelantikan dihadiri oleh Kepala Kesbangpol Bulukumba Ahmad Arfan yang mewakili Bupati, Komandan Resimen Mahasiswa Wolter Mongisidi Sulawesi Selatan Andi Rahmatullah, S.Sos, SE, M.Si, MH, mewakili Kapolres, mewakili Dandim Bulukumba, Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Drs. H. Muh. Daud Kahar, Ketua MPC Pemuda Pancasila Bulukumba A. Atnan MP, ST, dan Ketua Gerakan Bela Negara Nasional (GBNN) Bulukumba.

Selain itu, turut hadir juga anggota BNPB, Satpol Bulukumba serta beberapa perwakilan Perguruan Tinggi dan SMA kab Bulukumba, Dansub Kota Makassar Ir. Andi Besse Ferial, M.M, Wadan Subkota Makassar Junaidi, SE, M.M, serta beberapa Staf Skomenwa, dan Subkota Makassar.

Adapun jajaran Pengurus Menwsub Bulukumba yang turut dilantik Wakil Komandan (Wadansub) Idham Khalid Dg Patunru, S.STP, M.Si yang juga bertugas sebagai Sekretaris Dinas Perhubungan Kab. Bulukumba.

A. Syawal selaku Dansub Bulukumba dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Danmenwa Sulsel yang telah memberi amanah dan kepercayaan untuk memimpin organisasi Menwa di Bulukumba.

“Saya mengajak kepada seluruh jajaran pengurus dan para Alumni Menwa yang ada di Bulukumba untuk bersinergi dalam membantu untuk membentuk Satuan Menwa di kampus-kampus yang ada di wilayah daerah Bulukumba,” tuturnya.

“Menwa sebagai organisasi yang membina generasi muda telah dibekali ilmu keprajuritan, ilmu pengetahuan melalui kampus, pengabdian masyarakat, serta pengembangan minat bakat. Kami berharap untuk dapat bersinergi dengan pemerintah daerah Bulukumba dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan Kabupaten Bulukumba dibawah kepemimpinan A. Muhtar Ali Yusuf dan Andi Edy Manaf,” lanjut Dansub Bulukumba dalam sambutannya.

Danmwenwa Sulsel Andi Rahmatullah dalam Sambutannya menyampaikan tentang kehadiran Menwa yang didasari Surat Keputusan (SK) 4 Menteri dan juga Surat Edaran Mendagri kepada Gubernur dan Bupati/Wali Kota tentang Pengembangan dan Pembinaan Menwa di Daerah.

“Maka selaku Komandan Menwa Sulsel, saya berharap kepada teman-teman pengurus yang baru dilantik untuk melakukan koordinasi dan komunikasi dalam menjalin sinergitas dengan pemerintah daerah, Forkopimda khususnya TNI/Polri, organisasi baik kepemudaan maupun kemasyarakatan,” tuturnya.

“Dengan ilmu olah keprajuritan atau ilmu kemiliteran yang pondasi dasar bagi Anggota Menwa yang diperoleh pada saat pendidikan dasar (diksar) maka kehadiran Menwa di Butta Panrita Lopi ini harus mampu mengambil peran dalam membantu TNI/Polri dalam menjalani Hankamtibmas, harus menjadi garda terdepan bagi pemuda dan masyarakat dalam hal bela negara dan cinta tanah air dengan menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara,” lanjutnya.

Selanjutnya A. Ullah panggilan lain A. Rahmatullah mengatakan bahwa dengan SK Bersama 4 Menteri Pertahanan, Mendagri, Menristek, Perg. Tinggi dan Menpora tentang Pembinaan dan Pemberdayaan Resimen Mahasiswa dalam Bela Negara serta Surat Edaran Mendagri kepada Gubernur, Bupati/Wali Kota no. 220/4909/sj, tanggal 26 Agustus 2022 tentang pembinaan dan pemberdayaan organisasi Menwa.

Salah satu poin dalam surat edaran tersebut bahwa Organisasi Menwa terbukti secara konsisten dalam menjadi mitra pemerintah dan pemerintah daerah serta merupakan organisasi pelopor dalam membangun kesadaran bela negara bagi masyarkat.

Sehingga dengan demikian perlu ditingkatkan sinergitas dan koordinasi antara menwa dengan Forum Pimpinan Daerah termasuk organisasi-organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan dalam peran serta ikut menjaga, memelihara, dan merawat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Sejak diberi amanah sebagai Komandan Menwa Sulsel tugas pertama yang kami lakukan bersama jajaran pengurus dalam bagaimana menghadirkan organisasi Menwa di kab/kota yang ada di Sulsel, dan alhamdulillah kami telah melantik 12 komandan menwa sub kab/kota termasuk Bulukumba,” tutupnya.

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *