Pj Gubernur Sulbar Bareng Rektor UNM Hadiri Hari Jadi Desa Batetangnga

Pemprov-Sulsel-SC
PDAM MAKASSAR

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Penjabat Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Akmal Malik menghadiri Hari Jadi ke-61 Tahun Desa Batetangnga, Kec. Binuang, Kab. Polewali Mandar, Minggu (15/1/2023).

Pada kesempatan itu Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof.Dr. Ir. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng (PHS), yang merupakan tokoh Sulbar kelahiran Desa Batetangnga ikut hadir.

Husain Syam dalam sambutannya di hadapan warga menyebut kehadiran Pj Gubernur Sulbar di Batetangnga harus dijadikan motivasi untuk memajukan Desa diberbagai sektor seperti pertanian, pariwisata, dan pendidikan.

“Spirit kehadiran Pj Gubernur Sulbar di Desa Batetangnga tidak boleh disia-siakan, Bapak Pj Gubernur ini tidak ada capeknya melakukan akselerasi untuk memajukan Sulbar,” kata PHS.

Pada kesempatan itu, PHS juga memotivasi warga Batetangnga yang hadir untuk tetap peduli pada pentingnya pendidikan.

Guru besar bidang pertanian itu berharap setiap rumah di Batetangnga harus memiliki sarjana jebolan perguruan tinggi.

“Dari dulu Desa Batetangnga terkenal religius, seluruh sekolah di Polman guru agamanya dari desa ini,” tambah PHS.

Sementara itu Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik mengatakan bahwa dirinya telah lama mengenal sosok PHS.

Akmal Malik turut senang melihat warga Batetangnga bahagia dan riang gembira memperingati hari jadi desanya.

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri ini berharap jajarannya ikut memperhatikan kebutuhan masyarakat desa, seperti infrastruktur jalan yang memadai dan layanan publik lainnya.

“Saya juga dulunya pernah menjabat kepala desa, sebelum saya menjabat, sering terjadi keributan antar kampung di desa itu yang dipicu dana bantuan desa, rupanya warga desa mau melihat transparansi penggunaan anggaran desa tersebut,” ungkap Akmal.

Akmal berharap, warga Batetangnga mampu melihat peluang usaha dari keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) yang posisinya di Kalimantan Timur berhadapan langsung dengan Sulbar.

Pada kesempatan ini pula, Akmal juga memaparkan hasil pendataan Data Presisi Desa (DDP) Desa Batetangnga sebagai upaya membangun data desa yang akurat dipakai untuk perencanaan pembangunan desa.

“Di IKN nanti sangat membutuhkan sarana air bersih, saya melihat potensi air mineral di sini sangat besar, nanti di IKN tidak perlu lagi mendatangkan air mineral dari Pulau Jawa, cukup dari sini,” jelas Akmal.

Usai menghadiri Hari Jadi Desa Batetangnga, PHS menjamu Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik bersama rombongannya di mampir di rumah pribadi PHS.

Akmal dan rombongannya berangkat dari Mamuju melalui perjalanan darat, setelah mampir di Polman, Akmal melanjutkan perjalanannya menuju Kota Makassar untuk melakukan perjalanan dinas ke Jakarta.

Pangkep SC