Pemprov Gorontalo Rapat Evaluasi Program, Harap Penyerapan Dana Transfer dari Pemerintah Pusat Dapat Drasakan Optimal Masyarakat

Pemprov-Sulsel

0SUARACELEBES.COM, GORONTALO – Rapat Evaluasi Program tahun 2023 dan Pemaparan Program Kegiatan tahun 2024 di Aula Kantor Bupati Gorontalo Utara, Senin, (15/1/2024).

Pemerintah daerah Kabupaten/Kota se Provinsi Gorontalo, untuk memaksimalkan penyerapan anggaran pada Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik di tahun 2024. Hal ini agar supaya penyerapan dana transfer dari pemerintah pusat ini, dapat dirasakan secara optimal oleh masyarakat.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Gorontalo Adnan Wimbyarto menjelaskan, DAK Fisik di Gorontalo Utara di tahun 2023 dari PAGU Rp71 Miliar, tercapai hanya 94,22 persen, sehingga ada uang yang tidak terserap sekitar 4,012 Miliar. Alasannya, ada beberapa kontrak yang tidak terserap, paling besar ada pada kontrak pembangunan gedung SMP yang hanya terserap 87,7 persen. Oleh sebab itu, DAK Fisik di tahun 2024 untuk Gorut turun sekitar 6 persen hanya Rp66 Miliar.

Pemerintah Provinsi dibawah kepemimpinan Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya mengadakan Road Show ke-Kabupaten Kota.

Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Reflin Buata menyampaikan bahwa Penjabat Gubernur Gorontalo didampingi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Hari ini ke Kabupaten Gorontalo Utara mengadakan Rapat Evaluasi Program Kegiatan 2023 dan Pemaparan Program Kegiatan untuk Tahun Anggaran 2024”.

Selain itu, dimana provinsi Gorontalo dalam hal ini Gubernur Gorontalo memaparkan Program kegiatan yang akan dilaksanakan di Kabupaten Gorontalo Utara begitu juga sebaliknya dimana Pj. Bupati Gorut memaparkan Program Kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2024.

“Pada rapat itu OPD Provinsi dan OPD Kabupaten saling memberikan masukan dan sinkronisasi untuk mempercepat penyerapan anggaran”, kata Reflin Buata

Kegiatan road show ini, pemerintah provinsi dalam hal ini gubernur sebagai wakil pemerintah provinsi dapat memberikan pengarahan, pembinaan, dan pengawasan koordinasi urusan pemerintahan didaerah serta tugas pembantuan, Tutupnya.