banner dprd mkassar

Pentas Drama Kelas 8 SMP Islam Athirah, Angkat Tema Islam Leadership

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – SMP Islam Athirah Makassar gelar Pentas Drama yang diperankan oleh seluruh kelas 8 dengan mengangkat tema Islam leadership yang berlangsung di Auditorium Sekolah Islam Athirah, Kamis (15/06/2023).

Pada sambutan Kepala SMP Islam Athirah Makassar Ibu Nilamartini, S.Pd., M.M., menyampaikan bahwa Banyak hal yang kami lihat pada anak-anak kita kelas 8 ini. Momen kedekatan, momen kerja tim, toleransi, tanggung jawab, bisa memahami satu dengan yang lain itu luar biasa.

Lebih lanjut Nila menambahkan bahwa beberapa siswa kelas 8, selama kurang lebih sebulan berlatih mereka akhirnya saling mengetahui sifat, pribadi,dan kelebihan masing-masing yang selama ini tidak diketahui seperti potensi berakting. Pribadi teman yang tadinya katanya diam-diam, ternyata punya potensi untuk bisa acting dan hal-hal positif lainnya.

“Alhamdulillah sifat dan karakter baik anak-anak muncul pada saat mereka proses persiapan. Jadi sebenarnya yang hasilnya itu hanya seper sekian persen, yang kami harapkan yang terjadi banyak muncul karakter-karakter baik itu justru pada saat proses. Semua lahir dari mereka, ide cerita, naskah, skenario, yang dibimbing oleh guru termasuk para pelatih,” tukasnya.

Dalam kegiatan ini seluruh peserta drama menampilkan sesuai dengan judul drama yang diberikan, mulai dari drama Khalid bin Walid yang sering kita sebut Sang pedang Allah, Asiyah Binti Muzahim, Umar Bin Khattab dan Ibu Pemasak Batu, Hamzah Singa Allah sampai penampilan terakhir Hindun Binti Utbah.

Kegiatan ini dimaksudkan agar bisa menjadikan peserta didik yang mandiri, bertanggung jawab, dan bisa memunculkan bakat-bakat yang terpendam dalam diri mereka. Tak kalah pentingnya agar mereka bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari drama yang diperankan, seperti keberanian dan kecintaan seorang Khalid bin Walid terhadap islam.

Kemurnian iman dan Tauhid yang dimiliki istri Firaun dan Masyita, tanggung jawab seorang pemimpin yang dimiliki oleh Umar bin Khattab, kecintaan terhadap agama yang dimiliki oleh Hamzah Bin Abdul Muthalib, begitu pula dengan Hindun Binti Utbah seorang perempuan yang cinta akan islam.

Semua pementasan membuat terharu para penonton yang dihadiri manajemen SIA, BMJ SIA, pimpinan unit lingkungan Kajaolalido, orang tua siswa, guru, dan karyawan SMP Islam Athirah Makassar.

Sambutan dari salah satu orang tua yakni ibunda dari ananda Mohammad Naufal Asyabri Manoarfah yang juga merupakan ketua OSIS SMP Islam Athirah Makassar menuturkan isi drama hari ini bagaimana para sahabat memperjuangkan iman dan tauhidnya, walau nyawa jadi taruhannya.

“Lewat acara pentas drama ini, banyak pengetahuan yang kita dapatkan dari kisah-kisah yang ditampilkan. Paling tidak kita belajar sedikit tentang sejarah Islam. MasyaAllah luar biasa. Sukses untuk semua panitia,” ujarnya.

Salah satu pemeran utama wanita terbaik Fitriani Junus dari kelas 8 Ibnu Rush menyampaikan bahwa drama tahun ini sangat mengesankan untuk mereka kelas 8. Di mulai dari latihan, membuat kostum, mencari sound dan yang lainnya.
“Pentas drama ini membuat saya dan teman-teman saling lebih memahami. Kami berusaha menampilkan yang terbaik. Saya mengucapkan terima kasih untuk para pelatih dan guru-guru telah mengarahkan kami,” katanya.

Koordinator pelatih yang selama ini membersamai siswa kelas 8 yakni Anca Sinauleng menuturkan bahwa pertunjukan drama SMP Islam Athirah dengan 5 Judul pementasan membuktikan kemampuan siswa mampu bekerja sama tim dalam berkreatifitas dan menciptakan peristiwa seni.

Anca menambahkan bahwa sebagai salah satu mentor yang mendampingi proses latihan merasa bangga dan bahagia melihat siswa yang berproses untuk menguasai teknik pertunjukan drama. Selain itu, proses pertunjukan drama ini menjadi pelatihan mengolah jiwa empati, toleransi, dan tanggung jawab siswa.

“Alhamdulillah pada akhirnya, siswa-siswi mampu mempertunjukan yang terbaik dari mereka kepada seluruh penonton hari ini,” tegasnya.

Laporan : Hisbullah
Editor : Hasniwati Ajis (TIM Web SMP Islam Athirah Makassar)

Pemkot Makassar

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *